Rabu, 16 Mei 2018 07:05 WIB

Akhirnya! Peneliti Kembangkan Obat Buat Pilek Membandel

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: thinkstock Foto: thinkstock
Jakarta - Hampir semua orang mungkin pernah mengalami pilek. Meski tidak terlalu berbahaya tetap saja rasanya bisa begitu menyebalkan bila terkena penyakit yang disebabkan oleh infeksi rhinovirus ini.

Gejala seperti meler, hidung tersumbat, bersin, dan batuk dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Obat pun tidak bisa mengobati infeksi secara langsung hanya meringankan gejala saja karena rhinovirus ada ratusan jenis sehingga sulit dilawan.

Terkait hal tersebut para ilmuwan di The Imperial College London berusaha mengembangkan obat yang benar-benar bisa dipakai untuk menyembuhkan pilek. Dilaporkan dalam jurnal Nature Chemistry, peneliti melakukannya dengan menciptakan formula yang bisa 'memodifikasi' tubuh manusia.


Daripada membuat banyak obat untuk melawan setiap jenis rhinovirus, peneliti mengembangkan obat yang dapat menghalangi protein-protein tertentu dalam sel tubuh. Protein tersebut yang dibutuhkan oleh rhinovirus untuk membajak sel dan berkembang biak.

"Jadi idenya adalah kita memberikan obat ini pada seseorang yang baru terinfeksi. Harapannya virus jadi tidak bisa mereplikasi diri dan menyebar," kata salah satu peneliti Profesor Ed Tate.

"Hal semacam ini akan sangat membantu bagi orang-orang yang punya kondisi lain, misalnya seperti asma. Bagi orang yang seperti itu pilek bisa membuatnya jadi sakit cukup parah," lanjut Prof Ed seperti dikutip dari BBC, Selasa (15/4/2018).

Tes di laboratorium menunjukkan obat yang dikembangkan peneliti dapat mencegah rhinovirus merusak sel-sel manusia. Namun perlu studi lebih lanjut untuk memastikan bahwa obat tidak memiliki efek samping beracun.

(fds/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya