Rabu, 16 Mei 2018 12:06 WIB

Wabah Ebola Serang Kongo, 19 Orang Meninggal Dunia

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Wabah Ebola yang menyerang Republik Demokratik Kongo cukup mengkhawatirkan. Dari 39 terduga terinfeksi, 19 orang di antaranya meninggal dunia. Foto: thinkstock Wabah Ebola yang menyerang Republik Demokratik Kongo cukup mengkhawatirkan. Dari 39 terduga terinfeksi, 19 orang di antaranya meninggal dunia. Foto: thinkstock
Jakarta - Wabah Ebola yang menyerang Republik Demokratik Kongo cukup mengkhawatirkan. Dari 39 terduga terinfeksi, 19 orang di antaranya meninggal dunia.

Laporan terbaru dari dinas kesehatan setempat menyebut sejauh ini sudah ada 393 orang yang diduga terpapar virus Ebola. Mereka berasal dari daerah Bikoro, Iboko, dan Wangata yang merupakan daerah awal virus merebak.



Dr Peter Salama, dari Organisasi Kesehatan Dunia menyebut meski kasus infeksi cukup banyak, wabah Ebola di Kongo belum menjadi ancaman kesehatan bagi dunia secara global.

"Dengan respons dini dan kerjasama koordinasi yang baik, virus ini akan bisa ditanggulangi. Strategi vaksinasi melingkar yang digunakan kami rasa akan memberikan hasil yang baik," ungkap Salama, dikutip dari ABC Australia.

Strategi vaksinasi melingkar dilakukan dengan memberikan vaksinasi disekeliling daerah yang terdampak. Harapannya, vakasinasi membuat virus tak bisa menyebar luas ke daerah lain.

WHO juga sudah menyiapkan sekitar 4.000 vaksin yang akan digunakan untuk menangani Ebola di sana. Direktur WHO Afrika Matshidiso Moeti mengatakan pihaknya akan sesegera mungkin menjalankan vaksinasi.

"Kami masih mempersiapkan bahan yang dibutuhkan, terutama menyiapkan pendinginnya," kata Meoti seperti dikutip dari Reuters.

"Kapan vaksinasi bisa dimulai akan sangat bergantung dari persiapan ini," pungkasnya.

(mrs/up)
News Feed
googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/health/medium_rectangle2', [300, 250], 'div-gpt-ad-1534248323665-0').setTargeting('pos', ['medium_rectangle2']).addService(googletag.pubads());