Kamis, 17 Mei 2018 09:00 WIB

Hari Hipertensi 2018

Diklaim Sebagai Diet Terbaik, Diet DASH Jadi Solusi Turunkan Tekanan Darah

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Topik Hangat Hari Hipertensi 2018
Jakarta - Setiap tanggal 17 Mei diperingati sebagai Hari Hipertensi Sedunia. Banyak cara untuk mencegah datangnya hipertensi, salah satunya adalah dengan diet DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension.

Diet ini diklaim sebagai diet terbaik, karena selain menurunkan tekanan darah, juga dapat memangkas bobot serta cegah depresi. Diet ini kaya buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, produk susu rendah-lemak, makanan laut, dan mengurangi lemak total dan juga lemak jenuh.

Menurut Pooja Malhotra, seorang nutrisionis asal Delhi, Diet DASH berfokus pada hal-hal berikut:



1. 60-65 persen karbohidrat harus ada dalam kalori keseluruhan. Makanlah karbo komplek yang kaya serat, hindari gula pasir dan tepung terigu.

2. 20 persen dari energi didapatkan dari lemak, tapi jangan makan sembarangan lemak. Hindari lemak jenuh dan lemak trans, rasio Polyunsaturated to Saturated (P/S) harus berada di angka 1 atau di atasnya.

3. Protein harus memenuhi 20 persen dari total energi, di mana harus menghindari protein hewani yang tinggi lemak jenuh dan sodium. Makanlah protein nabati misal kacang-kacangan dan produk susu rendah-lemak.

4. Sodium merupakan masalah utama hipertensi, maka dari itu hindarilah makan-makanan seperti garam meja, garam pada makanan olahan, makanan ringan yang digarami, makanan yang menggunakan soda atau bubuk kue, makanan ber-MSG, salted butter, dan lain-lain yang terlihat kandungan garamnya.

5. Dan juga gunakan sedikit garam pada masakanmu, gunakan bahan-bahan lain yang dapat meningkatkan rasa seperti rempah-rempah.

6. Potasium, kalsium, magnesium dan serat adalah nutrisi yang penting dalam mengontrol hipertensi. Temukan nutrisi-nutrisi tersebut pada sayur-sayuran (kentang, brokoli, bayam, wortel), buah-buahan (pisang, aprikot, stroberi, mangga, kurma, jeruk), labu, yogurt, atau biji-bijian.

7. Diet DASH membatasi konsumsi daging merah, tepung terigu, gula dan garam tambahan, serta makanan yang diproses secara tinggi seperti sereal atau roti.

8. Bisa juga mengonsumsi suplemen yang mengandung serat psyllium husk, kalsium, magnesium, coenzyme Q10 dan asam lemak omega-3. Namun akan lebih baik konsultasikan dulu ke dokter juga kamu ingin meminum suplemen jika kamu sedang dalam pengobatan.

(frp/up)
Topik Hangat Hari Hipertensi 2018
News Feed