Kamis, 17 Mei 2018 12:13 WIB

Pasien Hipertensi Ingin Bebas Obat? Simak Saran Dokter

Annisya Heriyanti - detikHealth
Bekerjasamalah dengan dokter jika ingin mengurangi dosis obat hipertensi. Foto: thinkstock Bekerjasamalah dengan dokter jika ingin mengurangi dosis obat hipertensi. Foto: thinkstock
Topik Hangat Hari Hipertensi 2018
Jakarta - Siapa yang memiliki tekanan darah tinggi? Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang membutuhkan pengobatan terus-menerus untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah.

Kebanyakan pasien hipertensi memiliki kecenderungan yang kurang tepat dalam menentukan tujuan utama dari pengobatannya. Menurut dr Tunggul Situmorang, SpPD-KGH dari Siloam Hospitals, target mereka adalah mengurangi obat.

"Pasien ada kecenderungan yang salah di mana pasien merasa bahwa mengurangi obat adalah gol yang utama. Boleh saja kalau targetnya tercapai," ujarnya.


Yang terpenting dikatakan dr Tunggul adalah tercapainya tujuan utama, yakni menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Jika hal itu sudah bisa teratasi, maka dosis obat akan berkurang juga.

"Yang utamanya adalah mencapai target dan pasti bisa dicapai karena banyak pilihan obat. Begitu banyak yang mana mekanisme kerjanya berbeda-beda, ada yang bikin kencing, mengurangi stres, yang mengurangi hormon, tinggal dikombinasi saja," jelas dr Tunggul.

"Kemudian kalau sudah tercapai maka memang dititrasi untuk pelan-pelan diturunkan (dosisnya) kalau dibutuhkan," imbuhnya.

dr Tunggul mengatakan bahwa dengan kerjasama yang baik antara dokter dan pasien dalam pengobatan hipertensi, hampir 90 persen hipertensi bisa diobati.

"Tapi nyatanya kurang dari 50 persen. Dan selalu dimulai dari lifestyle," tandasnya.



(wdw/fds)
Topik Hangat Hari Hipertensi 2018
News Feed