Kamis, 24 Mei 2018 12:45 WIB

Ini Alasan Kamu Enggak Bisa Lihat Gambar 3D Stereogram

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Alasan kamu enggak bisa lihat stereogram. Foto: internet Alasan kamu enggak bisa lihat stereogram. Foto: internet
Jakarta - Stereogram sebenarnya sudah cukup populer sejak lama. Maklum, sebab stereogram sendiri ditemukan oleh Charles Wheatstone pada tahun 1838. Pola abstrak yang menyimpan gambar 3 dimensi tersembunyi ini semakin seru karena butuh teknik khusus untuk dapat melihatnya. Karena itulah hampir semua orang jadi penasaran untuk melihatnya.

Lho lho, kok aku enggak bisa ngeliat gambar 3D dari stereogram ya? Kemungkinannya karena kamu kurang melatih koordinasi kedua matamu. Dikutip dari Mental Floss, kalau kamu enggak bisa mengkoordinasinya, maka kamu akan memiliki beberapa gangguan dalam melihat menggunakan dua mata (mata teropong) atau untuk melihat stereo.

Contoh gambar stereogram.Contoh gambar stereogram. Foto: internet


Tapi, memang ada juga sih beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan binokular dan stereo karena masalah penyakit. Yang paling umum karena adanya penyimpangan atau misalignment dari satu atau kedua mata (juling), yakni suatu situasi di mana satu mata dominan karena transmisi rangsangan visual yang kurang baik.

Kondisi lainnya yang dapat mengalangi kamu untuk melihat stereogram bisa juga karena astigmatisme atau katarak. Jika kamu berpikir punya masalah dalam penglihatan, jangan sungkan untuk pergi ke dokter mata dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.


Jadi bagaimana nih healthy friends? Kamu bisa melihat jerapah 3D dari stereogram yang lagi viral di sosial media tidak? Kalau belum bisa, ayo lebih fokus. Tapi jangan sampai memaksakan diri ya, nanti juling lho!



Tonton juga 'Keren! Jalan di Kampung Rembang Dilukis 3 Dimensi':


(ask/up)
News Feed