Senin, 28 Mei 2018 16:01 WIB

Bayi Meninggal Karena Menyusu Setelah Ibunya Digigit Ular Berbisa

Firdaus Anwar - detikHealth
Kobra merupakan jenis ular berbisa yang terkenal di India.  (Foto: CNN) Kobra merupakan jenis ular berbisa yang terkenal di India. (Foto: CNN)
Jakarta - Seorang wanita di India yang tak sadar telah digigit ular beracun dilaporkan meninggal bersama anaknya. Hal ini terjadi karena sang wanita tidak sadar telah digigit ular dan kemudian menyusui anak dengan air susu ibu (ASI) yang tercemar racun.

Dikutip dari AFP pada Senin (28/5), menurut polisi wanita berusia 35 tahun dari Uttar Pradesh tersebut sedang tidur saat digigit ular. Dirinya terbangun dan setelah itu lanjut menyusui.



Tidak lama setelah itu sang wanita dan anaknya jatuh sakit. Keduanya dilarikan ke rumah sakit namun tidak sempat tertolong, meninggal di perjalanan.

Pihak keluarga mengaku sempat menemukan ular yang diduga menggigit sang wanita di rumah. Sayangnya ular tidak bisa ditangkap untuk diidentifikasi.

Pemeriksaan pasca-kematian tadinya akan dilakukan untuk memastikan sang wanita dan anaknya meninggal karena racun ular. Namun polisi sudah menutup kasus sebagai kematian yang tidak disengaja.

India sendiri memang diketahui sebagai rumah sekitar 300 jenis ular yang 60 di antaranya berbisa. Menurut studi tahun 2011 oleh American Society of Tropical Medicine and Hygiene setiap tahun setidaknya ada 46 ribu kemarian akibat gigitan ular di India.

(fds/up)