Rabu, 30 Mei 2018 03:17 WIB

Bangun Sahur Masih Ngantuk, Tebak-tebakan Dulu Yuk!

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kalau tidak biasa, memang susah harus bangun pagi (Foto: Thinkstock) Kalau tidak biasa, memang susah harus bangun pagi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Bagi yang tidak biasa bangun pagi, ngantuk saat sahur adalah keluhan umum yang mau tidak mau tetap harus diatasi. Iseng main tebak-tebakan kadang cukup efektif membantu mempercepat adaptasi terhadap ritme jam biologis yang baru.

Setidaknya, otak akan terdistraksi untuk sesaat melupakan rasa kantuk. Ketika pikiran terfokus pada satu hal, komposisi berbagai hormon di otak akan membuatnya lebih terjaga.

Untuk membuktikannya, coba amati gambar berikut ini. Gambar yang cukup viral di twitter ini diposting oleh akun @Boom_likean808 dan telah dibagikan hingga 45 ribu kali. Banyak yang penasaran, kepala dan badan kedua orang dalam gambar tersebut seolah tertukar.

Logisnya, badan yang mengenakan baju biru adalah pemilik kepala berambut coklat panjang. Sepatu heels model perempuan adalah petunjuknya. Namun memasangkan kepala laki-laki dengan badan berbaju ungu di kursi juga terasa janggal karena ukurannya agak kurang proporsional.



Sepintas memang membingungkan.Sepintas memang membingungkan. Foto: internet


Untuk kesekian kalinya, suara netizen terbelah. Otak mereka dipaksa bekerja keras untuk memasangkan badan dan kepala yang seolah saling tertukar dalam gambar tersebut.

"Jelas! Laki-laki itu pakai heels soalnya lehernya ada di kerah baju yang biru," tulis seseorang berkomentar, yang kemudian disanggah ramai-ramai oleh netizen yang punya pendapat berbeda.

Persepsi otak terkadang memang tidak sinkron dengan sinyal visual yang ditangkap oleh mata. Itu sebabnya, banyak sekali gambar yang tampak membingungkan dan akhirnya dijadikan tebak-tebakan. Orang menyebutnya, ilusi optik.

Sepatu yang dikenakan cukup memberikan petunjuk.Sepatu yang dikenakan cukup memberikan petunjuk. Foto: internet





Tonton juga 'Tren Teknik Ilusi Make Up, Keren atau Malah Bikin Pusing?':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed