Jumat, 01 Jun 2018 09:08 WIB

Studi: Pekerjaan yang Menguras Fisik Bisa Bikin Pria Mati Muda

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Pekerjaan yang menguras fisik seperti buruh bangunan dan penambang disebut penelitian bisa memperpendek usia pria. Foto: Agung Pambudhy/detikcom Pekerjaan yang menguras fisik seperti buruh bangunan dan penambang disebut penelitian bisa memperpendek usia pria. Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta - Melakukan aktivitas fisik dan olahraga memang baik untuk kesehatan tubuh. Namun pada pria, pekerjaan yang menguras fisik seperti buruh bangunan dan penambang justru bisa memperpendek umur.

Pieter Coenen, peneliti dari VU University Medical Center, Amsterdam, Belanda, menganalisis 17 studi dengan total 193.696 partisipan. Ditemukan bahwa pekerjaan yang membuat seseorang melakukan aktivitas fisik selama 8 jam atau lebih bisa memperpendek usia pria hingga 18 persen.



"Pekerjaan yang menguras fisik ternyata tidak baik untuk kesehatan Anda. Penelitian kami membuktikan bahwa Anda tetap harus melakukan olahraga agar kesehatan terjaga, meskipun pekerjaan Anda sangat menguras fisik," ungkap Coenen, dikutip dari Reuters.

Coenen menyebut pada orang-orang yang melakukan kerja fisik selama 8 jam atau lebih, penyakit kronis seperti nyeri punggung hingga gangguan jantung dan pembuluh darah menjadi masalah kesehatan yang utama.

Di sisi lain, mereka yang bekerja kantoran atau di meja selama 8 jam, masih bisa melakukan olahraga di waktu senggang. Perbedaan inilah yang membuat olahraga pekerja kantoran memberikan manfaat lebih pada kesehatan mereka.

"Mereka yang melakukan pekerjaan fisik biasanya tidak olahraga di waktu senggang, sehingga risiko masalah kesehatannya lebih besar," ungkap Coenen.

"Pesannya adalah berolahraga rutin, minimal 30 menit per hari tetap direkomendasikan apapun pekerjaan Anda," tutupnya.





Tonton juga 'Kerja Keras di Tengah Keterbatasan Fisik':

[Gambas:Video 20detik]

(mrs/up)
News Feed