Jumat, 01 Jun 2018 13:25 WIB

Gambar Seram Baru di Bungkus Rokok, Apa Kata Warganet?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kemenkes mengganti 3 dari 5 gambar seram yang dipakai selama ini karena dianggap kurang menakutkan. Lalu apa kata warganet tentang gambar baru ini? Foto: Puskom Kemenkes Kemenkes mengganti 3 dari 5 gambar seram yang dipakai selama ini karena dianggap kurang menakutkan. Lalu apa kata warganet tentang gambar baru ini? Foto: Puskom Kemenkes
Jakarta - Sebelumnya, lima gambar seram di bungkus rokok atau Pictorial Health Warning (PHW) merupakan gambar yang diadaptasi dari bungkus rokok di luar negeri. Salah satu di antaranya adalah gambar pria berkumis, yang alih-alih menyeramkan, justru banyak dijadikan lelucon. Gambar pria tersebut, konon diambil dari bungkus rokok di Thailand.

Kementerian Kesehatan memutuskan untuk mengganti 3 dari 5 gambar seram yang dipakai selama ini. Alasannya, berdasarkan evaluasi yang dilakukan ketiga gambar tersebut dianggap kurang menakutkan, tidak membuat perokok ingin berhenti, dan tidak membuat seseorang mengurungkan niat untuk mencoba merokok.

Akan tetapi, bagaimana respon para warganet pada gambar baru di bungkus rokok ini ya?

Dari beberapa responden yang detikHealth wawancarai, baik yang perokok maupun non-perokok lebih banyak yang menyebutkan gambar tersebut tidak terlalu seram. Bahkan ada yang menyebut lebih seram gambar sebelumnya.



Tiga gambar peringatan di bungkus rokok terbaruTiga gambar peringatan di bungkus rokok terbaru Foto: Puskom Kemenkes

"Kurang serem. Sereman bungkus yg lama kalo menurutku," kata Inna (23) yang diamini oleh Ucok (31), menyebut gambar seram pada bungkus lama lebih menyeramkan.

Gambar seram dinilai para warganet tidak pernah efektif untuk membuat para perokok aktif menjadi berhenti merokok. Bagi Tomo (26) seorang karyawan swasta di Solo yang dulu sempat merokok dan akhirnya berhenti, gambar tersebut memang seram namun orang-orang yang sudah candu rokok tak akan mengindahkannya.

Survei di Twitter menyebut gambar tidak terlalu seramSurvei di Twitter menyebut gambar tidak terlalu seram Foto: detikHealth


Sama dengan penuturan Nara (27) seorang wiraswasta asal Semarang. "Hmm.. On the first glance serem sih. Tapi abis itu beneran biasa aja. Agak nggak (efektif). Pada akhirnya kita akan cari solusi sih. Beli pak sendiri, atau yang lainnya," ujarnya.

Inna menambahkan, "Tapi seringnya cuma berakhir jadi hiasan aja. Ngerokok mah tetep aja ngerokok. Karena mereka butuh isinya bukan bungkusnya."

Di Instagram, warganet bilang gambar bungkus rokok ini menyeramkanDi Instagram, warganet bilang gambar bungkus rokok ini menyeramkan Foto: detikHealth


Bagaimana dengan pendapatmu mengenai gambar seram baru di bungkus rokok ini? Yuk bagikan di kolom komentar!

Simak juga apa kata mereka tentang gambar baru di bungkus rokok di video 20Detik ini:

[Gambas:Video 20detik]




(frp/up)