Selasa, 05 Jun 2018 08:35 WIB

Ingin Bisa Mengakses Layanan BPJS Saat Mudik? Tips: Bawa Kartunya!

Widiya Wiyanti - detikHealth
Jangan lupakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional kamu saat mudik ya! (Foto: Ilustrasi Mindra Purnomo) Jangan lupakan kartu Jaminan Kesehatan Nasional kamu saat mudik ya! (Foto: Ilustrasi Mindra Purnomo)
Jakarta - Musim mudik pasti menjadi momen yang dinanti-nanti banyak orang untuk berkunjung ke kampung halaman dan bertemu sanak saudara. Tetapi ada banyak yang harus kamu persiapkan lho sebelum mudik, salah satunya kesehatan.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berbagi tips mudik sehat bagi kamu semua yang berniat untuk pulang ke kampung halaman. Ditemui di salah satu restoran di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Deputi Direksi Bidang Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Arief Syaefudin menganjurkan untuk menjaga fisik sebelum berangkat.

"Yang pasti adalah pesiapkan fisik, kalau mau berkendara jauh jangan malam sebelumnya begadang. Istirahat yang cukup," ujarnya.



Arief juga menyarankan kepada pemudik yang harus mengonsumsi obat setiap harinya untuk tetap disiplin. Sebaiknya obat-obatan dipersiapkan jauh sebelum hari keberangkatan.

"Bagi yang mengonsumsi obat atau yang punya diabetes, hipertensi, jangan lupa obatnya dipersiapkan nih. Kontrol lebih awal nggak apa-apa pas mudik, jangan sampai obatnya kehabisan pas mudik," anjurannya.

Namun jika memang belum ada persiapan obat dan obat habis saat mudik, pasien bisa datang ke fasilitas kesehatan di manapun tempat tujuan mudik. Asalkan membawa kartu JKN-KIS bagi peserta BPJS Kesehatan.

"Hanya untuk peserta JKN Kesehatan ya dia bawa kartunya dan pastikan aktif. Kalau nggak tahu atau ragu-ragu, telepon ke call center 1500 400," tutup Arief.

(up/up)
News Feed
CNN ID World Now
×
World Now
World Now Selengkapnya