Rabu, 06 Jun 2018 20:13 WIB

Asupan Nutrisi yang Diklaim Bisa Menangkal Depresi

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kate Spade mengalami depresi. Ini makanan yang bisa melawannya. Foto: Dok. Getty Images Kate Spade mengalami depresi. Ini makanan yang bisa melawannya. Foto: Dok. Getty Images
Jakarta - Depresi adalah hal yang cukup umum dialami oleh manusia, apalagi dengan tekanan hidup yang cukup tinggi atau karena keterbatasan hidup bisa sangat mudah kita mengalaminya.

Bahkan seorang desainer terkenal Kate Spade saja bisa mengalami depresi yang berujung pada bunuh diri. Nggak mau kan berakhir seperti itu?

Maka dari itu, depresi harus dilawan, salah satu caranya adalah dengan asupan makanan. Dikutip dari Health, beberapa makanan ini dipercaya bisa melawan depresi.


1. Lemak sehat

Tak selalu lemak berbahaya untuk tubuh, lemak sehat buktinya bisa memerangi depresi. Lemak sehat bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan ikan.

Dalam kajian besar studi, orang yang banyak makan ikan memiliki risiko depresi 17 persen lebih rendah daripada mereka yang mengonsumsi ikan sedikit. Penelitian menemukan bahwa ikan mengandung omega-3 yang dapat meningkatkan obat depresi dibandingkan dengan mengonsumsi obat plasebo.

"Asam lemak Omega-3 dari makanan laut dan lemak tak jenuh tunggal dari kacang, alpukat, dan minyak zaitun tampaknya sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan mental dan otak kita," kata Felice Jacka, PhD, peneliti makanan dari Australia sekaligus presiden International Society for Nutritional Psychiatry Research.

2. Makanan fermentasi

Siapa yang suka kimchi? Ternyata kimchi dan makanan fermentasi lainnya bisa menjadi makanan untuk melawan depresi lho.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa bakteri dan ragi yang dikenal sebagai probiotik dapat membantu dalam memerangi depresi dan kecemasan. Selain itu, bakteri sehat juga dianggap bisa menenangkan peradangan usus.

Ternyata ada hubungan antara kesehatan sistem pencernaan dengan otak. Hormon serotonin yang bisa meningkatkan suasana hati itu diproduksi di dalam usus. Jadi, tanpa asupan bakteri sehat, maka suasana hati bisa carut-marut.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau kaya akan folat dan vitamin B yang larut dalam air. Maka itu lah, sayuran hijau bisa membantu melawan depresi. Karena tingkat folat yang rendah dikaitkan dengan gejala depresi dan respon yang buruk terhadap antidepresan.

Vitamin juga memengaruhi zat kimia yang berhubungan dengan suasana hati di otak. Makanan kaya akan folat juga terbukti meningkatkan hormon serotonin.

4. Coklat hitam

Dark chocolate mengandung flavonoid, yaitu nutrisi nabati yang merupakan antioksidan kuat dan dapat meningkatkan mood. Dalam sebuah penelitian pada wanita Amerika Serikat yang tidak mengalami depresi, mengonsumsi makanan kaya akan flavonoid dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah.

Maka jangan takut gemuk, makan coklat hitam memiliki manfaat yang sangat baik. Selain coklat hitam, makanan kaya flavonoid juga bisa ditemukan di teh, apel, jeruk, dan bawang.

5. Pisang

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara suasana hati yang tertekan dan tingkat tirosin yang rendah. Makanan mengandung tirosin yang merupakan salah satu jenis asam amino baik untuk kesehatan tubuh dan dipercaya bisa mengurangi depresi. Kita bisa menemukannya di pisang, alpukat, dan almond.

(wdw/up)
News Feed