Kamis, 07 Jun 2018 16:05 WIB

Ciri-ciri Kamu Kena Hepatitis A, Mata Kuning Salah Satunya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Hepatitis A merupakan infeksi hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang mudah menular. Seringnya, mereka yang mengidap hepatitis A tertular dari makanan atau minuman yang terkontaminasi atau kontak dengan orang atau obyek yang terinfeksi.

Penyakit hepatitis tipe A tidak terlalu membahayakan, bahkan jika gejalanya ringan tidak memerlukan pengobatan. Dan tak jarang mereka yang pernah mengidapnya sembuh tanpa adanya kerusakan pada hati atau liver, dilansir dari WebMD.

Gejala dan tanda dari hepatitis A secara umum tidak akan muncul hingga beberapa minggu setelah terinfeksi, kadang malah ada yang sama sekali tak menunjukkan gejala. Walau begitu, tetap waspadai jika kamu mengalami gejala-gejala berikut ini:

Kelelahan
Mual dan muntah mendadak
Nyeri atau rasa tidak nyaman di perut
Tinja berwarna lempung
Hilang nafsu makan
Demam ringan
Air kencing berwarna gelap
Nyeri sendi
Kulit dan mata berwarna kuning
Gatal-gatal


Penularan hepatitis A juga dapat terjadi saat mudik karena kecenderungan membeli makanan dan minuman sembarangan. Agar aman dari risiko hepatitis A, selalu berhati-hati saat hendak membeli makanan dan minuman ketika mudik di sembarang tempat dan yakin bahwa penyajiannya sesuai dengan standar kebersihan.

"Itu yang kadang-kadang susah ya. Amannya kalo bisa bawa bekal di jalan lebih, dan minuman cukup membeli minuman kemasan. Namun pastikan tidak ada bocor yang bisa berisiko adanya kontaminasi," saran Dr dr Andri Sanityoso, SpPD-KGEH dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

(frp/up)