Senin, 11 Jun 2018 17:00 WIB

Tips Mengurangi Badan Pegal Saat Perjalanan Mudik

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Rest Area di Probolinggo (Foto: M Rofiq) Rest Area di Probolinggo (Foto: M Rofiq)
Jakarta - Badan pegal memang mengganggu segala aktivitas yang sedang dilakukan, termasuk saat berkendara saat mudik lebaran. Untuk mengatasi hal tersebut apa yang sebaiknya dilakukan ya?

Berikut beberapa tips yang diberikan dokter untuk mengurangi rasa pegal saat sedang berkendara.

Menurut dokter saraf dari RS Medistra, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS badan pegal bisa terjadi karena posisi tubuh tidak baik waktu di kendaraan.

"Usahakan posisi nyaman, setelah beberapa jam istirahat dan jalan-jalan sedikit," ujar dr Rima kepada detikHealth.



Sedangkan menurut dokter bedah saraf, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS atau yang akrab disapa dr Ryu, peraturan yang sudah dibuat pemerintah sebenarnya sudah baik untuk kondisi pengendara agar tidak kelelahan. Pegal-pegal, menurutnya muncul karena kelelahan.

"Misalnya kecepatan berkendara maksimal 80 km per jam, itu sudah baik mengingat kondisi jalan dan kendaraan yang digunakan disesuaikan dengan kecepatan, di negara lain ada yang sampai 100 km per jam karena sudah disesuaikan dengan kondisi jalan dan kendaraan yang digunakan," ujar dr Ryu kepada detikHealth.

Menurut dr Ryu, istirahat penting dilakukan saat berkendara jarak jauh, kurang lebih tiap 3 atau maksimal 4 jam.

"Macet di jalan tidak termasuk istirahat, itu masih termasuk berkendara. Jika tidak istirahat akan membahayakan diri sendiri dan pengguna jalan yang lain," ujar dr Ryu.

(up/up)
News Feed