Saran Psikolog Agar Tidak Malas di Hari Pertama Kerja Setelah Libur

ADVERTISEMENT

Saran Psikolog Agar Tidak Malas di Hari Pertama Kerja Setelah Libur

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Selasa, 19 Jun 2018 20:04 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Euforia libur lebaran masih terasa? Lalu rasa malas dan ingin bolos datang menghampiri? Eits jangan keburu malas dulu, simak beberapa saran dari psikolog agar kembali bersemangat untuk masuk kerja di hari pertama setelah libur panjang sepekan.

Kepada detikHealth, dosen Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan Karel Karsten Himawan mengungkapkan beberapa saran untuk membangkitkan semangat saat masuk hari pertama kerja usai libur panjang.

"Jika saya malah suka mikirin mau ngapain di weekend nanti, ini somehow juga membantu bikin makin semangat menyambut weekends. Jadi mindsetnya weekdays bukan akhir dari weekends, tapi momen untuk menyambut weekends," ujar Karel.


Berikut ini beberapa tips yang diberikan psikolog yang sedang menempuh S3 di University of Queensland, Australia tersebut:

Pertama, tidur lebih awal di hari sebelum kerja. Tidak makan terlalu banyak di hari Minggu malam atau satu hari sebelum kerja, supaya istirahat malamnya bisa lebih berkualitas.

Kedua, pikirkan satu hal yang paling menarik yang ingin dilakukan terkait dengan pekerjaan. Jangan 'menabung pekerjaan' dengan menumpuk pekerjaan dari sebelum liburan, sebisa mungkin selesaikan sebelum liburan agar setelah liburan atau masuk kerja bisa mengerjakan pekerjaan yang ringan.

Ketiga, untuk memotivasi bisa dengan merencanakan makan malam bersama sebelum masuk kerja dengan rekan atau keluarga di hari itu. Tidak perlu yang mahal dan ditempat yang bagus, yang penting momen kebersamaannya.

(Nabilla Nufianty Putri/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT