Rabu, 20 Jun 2018 19:06 WIB

Ingin Nobar Piala Dunia 2018? Ini Jarak Ideal Menurut Dokter Mata

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Suka nonton pertandingan sepakbola piala dunia rame-rame, atau lebih suka nonton via gadget? Harus tahu jarak pandang ideal biar mata nggak sakit. Foto: Thinkstock Suka nonton pertandingan sepakbola piala dunia rame-rame, atau lebih suka nonton via gadget? Harus tahu jarak pandang ideal biar mata nggak sakit. Foto: Thinkstock
Jakarta - Lagi demam bola nih, pertandingan bola yang memperebutkan piala dunia sudah mulai berlangsung selama sepekan ini. Kebanyakan masyarakat berbondong-bondong menyaksikan gelaran sepakbola paling akbar sejagat.

Tapi perlu diingat, menonton pertandingan bola terlebih di TV maupun gadget juga juga ada aturan jarak pandangnya lho. Jangan sampai keseruan menonton pertandingan bola malah menimbulkan gangguan mata.

Lalu, jarak yang baik untuk menonton TV maupun gadget itu berapa sih? Jika terlalu dekat bahaya nggak ya? Ini nih penjelasannya menurut dokter mata.

"Pada umumnya jarak yang cukup baik menonton tv adalah sekitar 2 hingga 3 meter atau bila menyesuaikan dengan besar TV bisa menggunakan rumus 1,5 hingga 2,5 kali diagonal (layar TV). Untuk giant screen, tonton pada posisi yang tidak membuat mata dan leher tidak nyaman," ujar dr Zeiras Eka Djamal, SpM kepada detikHealth.



Dokter mata yang berpraktik di Jakarta Eye Center (JEC) ini juga menambahkan, menonton menggunakan gadget juga sebaiknya jangan terlalu dekat. Bahaya yang ditimbulkan ketika menonton dalam jarak terlalu dekat bisa bervariasi, mulai dari gejala ringan hingga gangguan pengelihatan.

"Menonton terlalu dekat bisa menyebabkan kelelahan pada mata, gejala yang dapat timbul akibat kelelahan mata bisa bervariasi mulai dari yang ringan yaitu pegal-pegal di mata, iritasi, berair, silau sampai terjadinya gangguan pengelihatan atau buram," ujar dr Zeiras.

(up/up)