Jumat, 22 Jun 2018 10:00 WIB

Serbuan Nyamuk Pasca Mudik

Pulang Mudik, Rumah Jadi Sarang Nyamuk? Ini Saran Peneliti

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Pulang Mudik, Rumah Jadi Sarang Nyamuk? Ini Saran Peneliti. Foto: thinkstock Pulang Mudik, Rumah Jadi Sarang Nyamuk? Ini Saran Peneliti. Foto: thinkstock
Jakarta - Lupa membersikan tempat penampungan air yang terbuka sebelum mudik lebaran bisa berdampak serius. Libur yang cukup panjang membuat rumah yang ditinggalkan tanpa terurus, berubah jadi sarang nyamuk.

Jangan khawatir, seorang pakar nyamuk yang sedang mengambil doktor di Universite de Montpellier, Prancis memberikan tips bagaimana mengatasi rumah yang terlanjur menjadi sarang nyamuk.

"Jika di rumah sudah terlanjur menjadi tempat berkembang biak nyamuk, maka pemerintah sebenarnya telah mencanangkan program yang sangat bagus namun butuh peran serta masyarakat," ujar pakar nyamuk Triwibowo Ambar Garjito kepada detikHealth.


Peran serta masyarakat yang dimaksud Triwibowo yaitu segera melakukan pengurasan bak atau tempat penampungan air, mengubur gelas atau botol bekas yang menjadi tempat berkembang biak nyamuk dan menutup tempat-tempat penampungan air yang telah dibersihkan dan diisi air.

Bahkan Triwibowo menambahkan bahwa jika suplai air terbatas yang tidak memungkinkan melakukan pengurasan, dapat diberikan ikan pemakan jentik, di kolam atau bak tersebut, atau diberikan larvasida yang telah direkomendasi pemerintah dengan dosis yang dianjurkan.

(Nabilla Nufianty Putri/up)
News Feed