Jumat, 22 Jun 2018 14:34 WIB

Messi Tampak Stres, Psikolog Sebut Ada Kemungkinan Serangan Mental

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Gestur Lionel Messi dalam laga melawan Kroasia menunjukkan sang bintang seperti sedang menghadapi banyak tekanan (Foto: Clive Brunskill/Getty Images) Gestur Lionel Messi dalam laga melawan Kroasia menunjukkan sang bintang seperti sedang menghadapi banyak tekanan (Foto: Clive Brunskill/Getty Images)
Jakarta - Lagi-lagi striker Argentina, Lionel Messi jadi perbincangan karena gestur tubuhnya yang menampakkan tekanan yang cukup berat dialaminya. Pemain bola sekaliber Messi pun tidak disangkal bisa saja mengalami stres.

Meski tak bisa dipastikan secara pasti bahwa gestur tubuh Messi dengan menutupi wajahnya diartikan tertekan, psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla mengatakan ada banyak faktor yang dapat memengaruhi gesturnya tersebut.

"Setiap pemain dalam sebuah pertandingan, hampir dapat dipastikan ingin menampilkan permainan yang terbaik dan ingin menang. Ketika seorang pemain kalah dalam pertandingan, sudah pasti muncul perasaan negatif yang bercampur di dalam dirinya (marah, kesal, kecewa, merasa bersalah, dsb)," ujarnya melalui pesan singkat kepada detikHealth, Jumat (22/6/2018).

Selain itu, wanita yang akrab disapa Vero ini mengatakan gestur tubuh Messi terjadi bisa saja dikarenakan adanya serangan mental yang berasal dari komentar-komentar negatif.

"Kecaman ataupun komentar-komentar negatif dari luar, menambah berat tekanan emosi negatif yang dirasakan. Ibaratkan sebagai 'serangan mental'. Hal ini berdampak pada distress yang bila tidak berhasil diatasi dengan baik, akan memengaruhi performa pemain semakin tidak optimal," jelasnya.


Ketika seorang pemain kalah dalam pertandingan, sudah pasti muncul perasaan negatif yang bercampur di dalam dirinyaVeronica Adesla - Psikolog Klinis


Sementara itu, psikolog yang juga dosen Fakultas Psikologi Universitas Pelita Harapan, Karel Karsten Himawan mengatakan bahwa kesiapan mental pemain sangat penting. Apalagi pemain terkenal seperti Messi pasti membawa beban berat supaya selaras dengan harapan pendukungnya.

"Semakin terkenal, saat bermain pastinya bebannya semakin berat supaya bisa sesuai harapan pendukungnya. Buat pemain sekaliber Messi, tentu bisa terbayang bebannya," tuturnya.

"Tapi saya kok nggak bisa analisa lebih dalam ya, soalnya nggak tahu gimana riwayat dia, misal sebelum tanding ada konflikkah dengan pelatih/timnya, ada masalah keluargakah, dan lain-lain," tandas Karel.

Pada ajang Piala Dunia 2018 ini, Messi belum mencetak satu gol pun hingga saat ini. Ditambah dengan kekalahan yang dialami timnas Argentina dari Kroasia pada Kamis (21/6/2018), banyak orang yang mengira ia mengalami stres, dan banyak pula yang tetap mendukungnya.





Tonton juga 'Tips Diet Simpel Tapi Ampuh Ala Lionel Messi':


(wdw/up)
News Feed
CNN ID
×
Layar Demokrasi
Layar Demokrasi Selengkapnya