Minggu, 24 Jun 2018 11:21 WIB

Bikin SIM Harus Pakai Tes Psikologi? Ini Tips Mempersiapkan Diri

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Polisi telah melakukan simulasi tes psikologi untuk mengurus SIM. (Foto: Arief Ikhsanudin) Polisi telah melakukan simulasi tes psikologi untuk mengurus SIM. (Foto: Arief Ikhsanudin)
Jakarta - Tes psikologi selalu mendebarkan, tapi diperlukan dalam berbagai urusan. Mulai dari tes masuk sekolah, mencari kerja, dan bahkan baru-baru ini digunakan untuk dalam mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM).

Dilema ketika akan menghadapi tes psikologi, takut akan gagal dalam tes tersebut menjadi beban tersendiri saat akan mengikuti tes psikologi. Tidak sedikit juga orang yang mencari tahu alat tes apa saja yang digunakan dan bagaimana semestinya mengerjakan dengan baik dan benar.

Daripada bingung dan mencari dalam sumber kesana kemari, mending simak langsung saran psikolog klinis yuk.



"Saran saya, ketika mengikuti tes psikologi, yang penting adalah perut sudah terisi, tidur juga cukup, fokus pada mendengarkan dan mengikuti instruksi yang diberikan. Selebihnya adalah kerjakan tes dengan upaya terbaik diri dan menjadi diri sendiri," ujar Veronica Adesla, psikolog klinis dari Personal Growth kepada detikHealth.

Veronica juga menambahkan bahwa tes-tes psikologi yang hendak mengukur daya konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, dan ketahanan kerja biasanya mensyaratkan bentuk persoalan yang terdapat jawaban benar dan salah, disertai dengan limit waktu tertentu.

Sementara itu tes-tes psikologi yang hendak mengukur pengendalian diri, penyesuaian diri, dan stabilitas emosi dapat berupa persoalan sama serupa di atas, atau dapat juga berupa persoalan yang jawabannya dibebaskan, tidak ada jawaban benar ataupun salah.

"Saya tidak akan menyebutkan tes psikologi apa yang digunakan, karena hal ini menyalahi kode etik profesi. Namun yang pasti, tes psikologi yang umum digunakan secara massal, bentuknya adalah paper pencil test," ujar Veronica.

(up/fds)