Selasa, 26 Jun 2018 10:20 WIB

Jika Alami Gejala Ini, Bisa Jadi Kamu Kena HIV (1)

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Halaman 1 dari 7
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Tak banyak orang yang sadar bahwa ia terinfeksi HIV, karena gejalanya seringkali bukanlah hal yang menakutkan, misalnya seperti demam. HIV atau human immunodeficiency virus merupakan virus yang tidak dapat disembuuhkan yang menyerang sistem imun tubuh.

HIV dapat ditularkan melalui cairan tubuh seperti sperma, darah dan ASI (air susu ibu), namun tidak melewati air liur. Jika tak segera ditangani, HIV bisa menyebabkan AIDS (acquired immunodeficiency syndrome), yang bisa membuat pengidapnya sangat rentan terhadap penyakit kronis dan akhirnya meninggal.

"Pada tahun 2016, sejumlah 48 ribu orang terinfeksi HIV di Indonesia dan 38 ribu jiwa meninggal terkait dengan AIDS. Ada sektiar 620 ribu jiwa hidup dengan HIV, di dalamnya 13 persen orang mendapatkan terapi antiretroviral," demikian dilaporkan oleh situs UNAIDS.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah kamu mengidap HIV atau tidak adalah dengan tes, namun tak ada salahnya kamu memerhatikan beberapa gejala umum yang sering terjadi dan dikenali pada orang yang terinfeksi HIV berikut ini:

(frp/up)
News Feed