Kamis, 28 Jun 2018 15:30 WIB

Saran Penting dari Pelari Profesional Buat Kamu yang Ingin Ikut Maraton

Widiya Wiyanti - detikHealth
Saran untuk yang ingin ikut maraton. Foto: thinkstock Saran untuk yang ingin ikut maraton. Foto: thinkstock
Jakarta - Lari tengah menjadi tren yang digandrungi masyarakat demi meningkatkan kebugaran atau justru hanya untuk eksis di media sosial. Tak jarang juga yang hobi lari bertekad untuk ikut perlombaan maraton.

Maraton, siapa takut? Begitu semangatnya orang awam yang bukan atlet saat ingin mengikuti perlombaan lari sejauh 42,195 kilometer ini.

Atlet lari nasional, Agus Prayogo memberikan tips yang sangat bisa diikuti siapa saja. Bagi pemula, Agus menyarankan untuk bergabung dengan komunitas-komuntas lari untuk meningkatkan performa.

"Lari itu memang olahraga yang murah, tergantung dari kita niatnya. Kalau untuk meningkatkan prestasi untuk masyarakat awam, coba cari komunitas terdekat. Kalau masih kurang puas coba gabung di klub-klub lari atau dengan personal trainer sehingga bisa mendapatkan program yang tepat sehingga bisa meningkatkan performa," ujarnya kepada detikHealth saat ditemui di FX Sudirman, Selasa (26/6/2018).

Agus menuturkan bahwa untuk menjaga kebugaran tubuh, latihan lari 3-4 kali dalam satu minggu sudah cukup. Ditambah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.


Sedangkan menurut pelatih lari nasional, Eduardus Nabunome, semua orang yang ingin ikut maraton dan meningkatkan kebugaran tubuh dengan berlari harus mengetahui beberapa hal.

"Pemanasannya harus benar, senamnya benar, kordinasi dalam gerakannya benar, baru masuk peregangannya benar, cooling downnya benar, pasti bagus. Harus thau itu dulu," sarannya.

Eduardus juga menyarankan sebaiknya memiliki program latihan yang baik jika ingin ikut perlombaan maraton agar kesiapan fisik menjadi lebih baik.

(wdw/up)
News Feed