Jumat, 29 Jun 2018 11:30 WIB

Saran Dokter untuk yang Punya Riwayat Cedera Punggung Kayak Marcelo

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Foto: Maxim Shemetov/Reuters
Jakarta - Cedera punggung yang dialami oleh Marcelo membuatnya tak dapat melanjutkan pertandingan di Piala Dunia 2018. Dikutip dari ESPNFC, dokter tim Brasil Rodrigo Lasmar memastikan cedera Marcelo tidak parah, namun ia disebut memiliki riwayat medis cedera punggung.

Ahli ortopedi, DR dr Luthfi Gatam, SpOT, FICS, Spine Surgeon(K), menyarankan untuk yang memiliki riwayat cedera punggung seperti saraf kejepit atau pernah operasi tulang untuk memilih kasur yang baik untuk tidur. Ia menyebut kasur empuk akan membuat otot kita bekerja ekstra saat bangun tidur.

Kasur yang baik untuk tidur menurut dr Luthfi adalah kasur yang firm, yakni tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk. Cara untuk mengetahuinya adalah dengan mencoba tidur di atas kasur tersebut, jika melesak terlalu dalam maka berarti kasur tersebut terlalu empuk.


"Yang paling penting adalah kasur tersebut bisa menopang berat tubuh kita. Kasur yang sudah blesek (melesak) juga segera cepat diganti," ujar dr Luthfi kepada detikHealth saat dihubungi melalui telepon, Jumat (29/6/2018).

Posisi tidur juga dapat memengaruhi usaha tubuh kita saat bangun tidur. Akan tetapi, menurut dr Luthfi posisi tidur yang baik adalah posisi yang nyaman bagi tulang belakang, di mana kondisinya bagi tiap orang berbeda-beda.

"Tidur pada dasarnya tidak membebani tulang belakang. Jadi banyak yang tanya tuh 'bagus tidur telentang atau miring?' itu sama saja. Dan juga tergantung tiap orangnya, ada juga orang yang tulangnya stiff (kaku) sehingga tidur miring lebih baik," pungkasnya.

(frp/fds)