Jumat, 06 Jul 2018 08:52 WIB

Studi: Banyak Makan Kacang, Bikin Sperma Makin 'Nendang'

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Kacang dengan sperma, apa hubungannya ya? Hmmm (Foto: ilustrasi/thinkstock) Kacang dengan sperma, apa hubungannya ya? Hmmm (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Satu dari tujuh pasangan kesulitan memiliki anak dan sekitar 40-50 persen kasus infertilitas disebabkan oleh pria. Terkait dengan hal itu, sebuah studi mengungkapkan bahwa rutin konsumsi kacang bisa jadi penyelamat kesuburan sperma pria.

Dilansir BBC, peneliti membagi 119 pria sehat berusia antara 18 dan 35 tahun menjadi dua grup, yakni yang menambahkan sekitar 60 gram ke dalam makanan sehari-hari mereka dan yang tidak. Kacang yang dikonsumsi antara lain kacang almond, kacang hazel dan kacang walnut tiap harinya selama 14 minggu.

Hasilnya, mereka yang berada dalam grup 'kacang' terbukti spermanya meningkat baik dari jumlah (14 persen), vitalitas (4 persen), gerakan (6 persen) dan bentuk serta ukuran (1 persen). Semua pengukuran disesuaikan dengan parameter kualitas sperma yang diberikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).



Studi ini juga mengacu pada temuan bahwa mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, antioksidan dan vitamin B folat dapat meningkatkan kesuburan. Dan kacang-kacangan mengandung banyak nutrisi-nutrisi tersebut dan yang lainnya.

Walau begitu, para peneliti menegaskan bahwa pria-pria tersebut sehat dan terlihat subur, sehingga belum jelas apakah penemuan tersebut dapat diaplikasikan pada populasi yang lebih luas, termasuk pria yang terganggu kesuburannya.

"Tapi sementara, hingga kita mendapatkan jawaban dari pertanyaannya, kita seharusnya menganjurkan semua pasien kita untuk berhenti meminum alkohol, berhenti merokok, makan lebih sehat, semua hal-hal yang standar," pungkas Dr Virginia Bolton, mantan konsultan embriologis di Guy's Hospital London.



Ingin Memperbanyak Produksi Sperma? Ini Caranya:

[Gambas:Video 20detik]


Studi: Banyak Makan Kacang, Bikin Sperma Makin 'Nendang'
(frp/up)
News Feed