Selasa, 10 Jul 2018 08:05 WIB

Kata Pengusaha Soal Istilah 'Susu' dalam Susu Kental Manis

Widiya Wiyanti - detikHealth
Produsen tegaskan bahwa susu kental manis terbuat dari susu. Meskipun sedikit, namun memiliki gizi makro dan mikro/Foto: iStock Produsen tegaskan bahwa susu kental manis terbuat dari susu. Meskipun sedikit, namun memiliki gizi makro dan mikro/Foto: iStock
Jakarta - Karena kehebohan mengenai susu kental manis (SKM), banyak pihak yang menyarankan untuk menghilangkan kata 'susu' dalam SKM. Namun, Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), Adhi S. Lukman menegaskan bahwa SKM benar-benar terbuat dari susu.

"Saya berbicara dengan produsen bahwa mereka menggunakan susu. Mereka ada dua sumber susu, sumber susu segar dari ternak dan susu bubuk. Susu kental manis mereka menggunakan susu, jadi ada gizi makro dan mikronya," ujarnya saat ditemui di Aula Gedung C Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Percetakan Negara, Jakarta Pusat, Senin (9/7/3018).

GAPMMI mengapresiasi langkah cepat BPOM mengenai kesalahan dalam iklan dan label pada beberapa produsen SKM. Adhi juga mengatakan bahwa konsep salah mengenai iklan dan label harus segera dibenarkan.

"Sepakat untuk memenuhi apa yang diperintahkan BPOM. Sejak isu terkait ini, dan pelaku usaha sudah mentaati iklan-iklan yang sebagaimana mestinya," lanjutnya.



Meskipun menyebutkan SKM terbuat dari susu, Adhi tetap menegaskan bahwa SKM bukan merupakan susu pengganti susu formula apalagi untuk anak-anak di bawah lima tahun.

Untuk lebih meyakinkan masyarakat, Adhi menawarkan media untuk meliput proses pembuatan SKM.

"Mungkin kalau teman-teman media mau melihat langsung proses itu, tadi saya mendapatkan izin diperkenankan oleh produsen. Bahwa itu diambil dari susu peternak, kemudian diolah dan dikondens dan sebagainya," tutupnya.



(wdw/up)
News Feed