Rabu, 11 Jul 2018 20:10 WIB

Piala Dunia 2018

Kepala Pusing Usai Begadang Nonton Bola? Mungkin Ini Penyebabnya

Luthfiadesta Andiko Putranti - detikHealth
Sakit kepala usai begadang menyaksikan Piala Dunia 2018? Kurang tidur tandanya. Foto: thinkstock Sakit kepala usai begadang menyaksikan Piala Dunia 2018? Kurang tidur tandanya. Foto: thinkstock
Jakarta - Saat bangun tidur siang atau tidur yang cuma sebentar, pernah enggak merasa pusing? Apalagi setelah malam harinya kamu habis nonton Piala Dunia 2018, alias begadang.

Semifinal Piala Dunia 2018 yang tayang pukul 01.00 WIB dinihari memang agak mengacaukan pola tidur. Tidur sebentar seusai pertandingan, rasanya tanggung dan terkadang malah menyebabkan kepala terasa pusing ketika bangun keesokan paginya.

Namun menurut pakar kesehatan tidur, pusing yang kamu rasakan ini akibat pola tidur yang terpotong untuk nonton bola. "Bukan karena tidur yang sebentar-sebentar saja," jelas dr Andreas Prasadja, kepada detikHealth pada Rabu (11/7/2018).

"Itu karena kamu belum cukup tidurnya, tapi enggak punya waktu tidur lagi," ujar pakar kesehatan tidur yang akrab disapa dr Ade tersebut.


Kalau pada malam harinya kamu tidur terlalu larut atau tidak tidur sama sekali, maka tubuh kamu tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Itu membuat kamu mencuri-curi waktu tidur pada siang harinya.

Tidur pada siang hari biasanya hanya berdurasi pendek dan tetap tidak dapat memenuhi jam tidur yang kamu butuhkan. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa kamu kerap merasakan pusing saat bangun dari tidur yang sebentar itu.

(Luthfiadesta Andiko Putranti/up)
News Feed