Jumat, 13 Jul 2018 16:36 WIB

Sering Kesemutan, Ternyata Gara-Gara Cacing Pita di Tulang Belakang

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Pernah merasa geli di bagian kaki dan betis? Wanita asal Prancis ini mengalaminya, yang ternyata disebabkan oleh larva cacing pita yang ada di tulang belakang. Foto: The New England Journal of Medicine Pernah merasa geli di bagian kaki dan betis? Wanita asal Prancis ini mengalaminya, yang ternyata disebabkan oleh larva cacing pita yang ada di tulang belakang. Foto: The New England Journal of Medicine
Jakarta - Pernah merasa geli dan kesemutan di bagian kaki dan betis? Wanita asal Prancis ini juga mengalaminya. Penyebabnya, ada larva cacing pita yang berjalan-jalan di tulang belakangnya.

Wanita berusia 35 tahun yang tak disebutkan namanya tersebut mengaku sering kesemutan, geli, hingga kehilangan kekuatan untuk berdiri. Saat pemeriksaan medis dilakukan, dokter menemukan larva cacing pita yang terlihat di pemeriksaan magnetic resonance imaging (MRI).



Dalam kasus yang dipublikasikan di The New England Journal of Medicine, dokter menyebut pasien tidak pernah pergi ke luar Prancis, namun memang memiliki kontak dekat dengan kucing, anjing dan juga beberapa hewan ternak.

"Pasien mengalami infeksi Echinococcosis granulosus, cacing pita kecil yang biasa ditemukan di anjing dan hewan ternak. Infeksi parasit ini bisa menyebabkan munculnya kista di liver dan paru-paru, serta merusak sistem saraf dan tulang," ungkap peneliti, dikutip dari The Sun.

Dokter pun melakukan serangkaian tes untuk melihat apakah ada dampak lain yang ditimbulkan. Pasien diketahui juga mengalami peningkatan sel darah putih yang wajar terjadi ketika ada infeksi.

Cacing pita di tulang belakang Cacing pita di tulang belakang Foto: The New England Journal of Medicine


Bahaya infeksi cacing pita di tulang tak sekadar infeksi. Cacing pita yang ada di tulang sering kali luput dari pemeriksaan dokter yang sudah berpengalaman sekalipun.

Pasien pun kini sedang menjalani pengobatan dengan obat antiparasit. Dalam waktu dekat, pasien juga akan melakukan operasi pengangkatan larva cacing pita yang ada di tulang belakangnya.

(mrs/frp)
News Feed