Senin, 16 Jul 2018 19:00 WIB

Supaya Enggak Drop Karena Flu, 120 Atlet Asian Games Divaksinasi

Annisya Heriyanti - detikHealth
Para atlet Asian Games 2018 mendapat vaksin influenza. (Foto: Annisya Heriyanti/detikHealth) Para atlet Asian Games 2018 mendapat vaksin influenza. (Foto: Annisya Heriyanti/detikHealth)
Jakarta - Influenza atau flu merupakan penyakit saluran pernapasan akut yang mudah menular disebabkan oleh virus. Penularannya sangat mudah terjadi lewat udara bisa dari percikan ludah atau kontak langsung dari seseorang yang sedang terjangkit.

Hal inilah yang mendorong Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melakukan vaksinasi bagi atlet Indonesia menjelang Asian Games. Namun sayang dari 940 atlet yang akan mengikuti Asian Games dan Asian Paragames 2018 hanya sekitar 120 atlet yang mendapatkan vaksinasi.



"Vaksin yang diberikan adalah vaksin kuadrivalen, jadi ada empat jenis strain virus, virus influenza A ada dua strain, dan virus influenza B ada dua strain," ujar dr. Hariyono. Sp. PD, Finasim di Wisma Kemenpora, Senin (16/7/2018).

Manfaat vaksinasi influenza bagi atlet adalah untuk memberikan perlindungan terhadap infeksi virus. Sangat penting bagi atlet agar bisa tetap latihan optimal menjaga performanya tidak terganggu oleh penyakit satu ini.

Menurut dr Hariyono, seorang atlet perlu mendapatkan vaksinasi influenza karena memiliki resiko infeksi yang besar pergi ke berbagai tempat. Bila satu atlet sudah terinfeksi maka ia bisa jadi sumber penularan ke atlet lain memengaruhi prestasi tim.

Influenza sendiri gejalanya meliputi demam, menggigil, nyeri otot, batuk, pilek, sakit kepala, dan kelelahan.

(fds/fds)
News Feed