Rabu, 18 Jul 2018 09:30 WIB

Sayangi Punggung, Bawa Dompet Jangan Tebal-Tebal Agar Tak Kena Skoliosis

Christantio Utama - detikHealth
Dompet tebal selalu dikantongi di saku celana, ternyata dampaknya bisa berpengaruh ke tulang belakang. Foto: ilustrasi/thinkstock Dompet tebal selalu dikantongi di saku celana, ternyata dampaknya bisa berpengaruh ke tulang belakang. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kebiasaan membawa dompet tebal tidak hanya rawan dijambret. Jika dompet tebal selalu dikantongi di saku celana, ternyata dampaknya bisa berpengaruh ke tulang belakang.

Seorang ahli penyakit skoliosis, Labana Simanihuruk, B.Sc, menyebut, duduk dengan posisi bokong terganjal dompet bisa membuat postur tidak ideal.

"Kebiasaan seperti duduk dengan posisi dompet di celana bisa memicu penyakit skoliosis di tulang belakang kita. Apalagi jika dompet yang dibawa tebal, akan mengganggu posisi tulang belakang ketika duduk," tuturnya ketika menghadiri seminar skoliosis di daerah Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).



Selain kebiasaan duduk dengan mengantongi dompet di saku celana, kebiasaan-kebiasaan lain juga harus diperhatikan agar tidak memicu skoliosis. Di antaranya adalah kebiasaan duduk dengan kaki menyilang, yang selama ini dianggap sebagai norma sopan santun pada perempuan.

"Pada kenyataannya hal tersebut juga bisa menyebabkan penyakit skoliosis," katanya.

"Pria juga, kebiasaan duduk menyilang seperti bos juga sama bahanya seperti wanita," ucapnya.

(up/up)