Rabu, 18 Jul 2018 17:38 WIB

Berenang di Tempat Wisata, Pria Inggris Ini Terinfeksi Kencing Tikus

Widiya Wiyanti - detikHealth
Berenang di tempat wisata, pria Inggris terinfeksi kencing tikus. Foto: thinkstock Berenang di tempat wisata, pria Inggris terinfeksi kencing tikus. Foto: thinkstock
Jakarta - Berenang seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan, apalagi berenang di tempat wisata populer di Inggris seperti Warleigh Weir. Tetapi tidak bagi Billy-Joe Humphries.

Pria berusia 26 tahun ini setelah berenang di Warleigh Weir justru dilarikan ke rumah sakit. Ia terinfeksi kencing tikus atau yang disebut leptospirosis.

Leptospirosis, juga dikenal sebagai penyakit Weil, adalah infeksi langka yang disebarkan oleh urin hewan di antaranya termasuk tikus, sapi, babi, dan anjing.

"Hati-hati teman dan keluarga, saya pergi ke Warleigh Weir di Bath untuk berenang. Keesokan paginya saya terbangun dengan gejala flu yang parah," ujarnya dikutip dari DailyMail.


Gejala lainnya yang dirasakan adalah demam, sakit kepala, nyeri otot dan sendi, mata merah, dan hilangnya nafsu makan.

Kasus infeksi yang serius dapat menyebabkan kulit dan mata menjadi kuning, pergelangan kaki atau tangan menjadi bengkak, nyeri dada, sesak napas, atau bahkan batuk darah.

"Saya telah diberikan tablet dan antibiotik untuk infeksi dada dan paru-paru," tutur Billy.

Tanpa pengobatan, infeksi memerlukan waktu beberapa bulan untuk pulih, dan parahnya lagi dapat menyebabkan gagal ginjal dan hati serta dapat mengancam jiwa.

Menurut data dari Pelayanan Kesehatan Inggris (NHS) 90 persen kasus leptospirosis tergolong ringan, antara 5-15 persen berkembang menjadi bentuk parah yang dapat menyebabkan kegagalan organ dan bahkan kematian. Antara satu hingga lima persen kasus adalah fatal.

"Berhati-hatilah sebelum Anda berenang di danau dan sungai, percayalah bahwa itu tidak menyenangkan sama sekali," saran Billy.




(wdw/up)