Kamis, 19 Jul 2018 11:07 WIB

Kanker Payudara Dikategorikan HER2 Positif, Ini Artinya

Christantio Utama - detikHealth
Sekitar 15-20 persen kanker payudara adalah tipe HER2 Positif (Foto: thinkstock) Sekitar 15-20 persen kanker payudara adalah tipe HER2 Positif (Foto: thinkstock)
Jakarta - Mungkin banyak yang sudah mengenal kanker payudara. Namun belakangan ini, muncul istilah yang lebih spesifik yakni kanker payudara HER2 positif. Jenis kanker apakah itu?

Dr Sonar Soni Panigoro, Sp.B(K)Onk, dokter bedah kanker dari RS Cipto Mangunkusumo, menjelaskan bahwa pada kanker payudara terdapat 3 gen yang menjadi penyebab muculnya kanker. Ketiganya adalah estrogen receptor, progresteron receptor dan 'human epidermal growth factor receptor 2' (HER2) receptor.

"Disebut dengan kanker payudara HER2 positif karena estrogen receptor dan progresteron receptor hasilnya negatif," ucap dr Sonar dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.


Saksikan juga video 'Kenali Tanda Metastase bagi Penderita Kanker':

[Gambas:Video 20detik]



Sedikitnya ada 3 jenis kanker payudara yang banyak dikenal, yakni triple negatif, estrogen atau progresteron positif dan HER2 positif. Kanker payudara HER2 positif termasuk yang paling agresif jika sudah berkembang dan menyebar di seluruh tubuh.

"Sekitar 15 sampai 20 persen pengidap kanker payudara adalah yang berjenis HER2 positif. Sedangkan yang terbanyak adalah estrogen atau progesteron positif," tutupnya saat ditemui redaksi detikHealth di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2018).

Sedangkan jenis triple negatif adalah jenis kanker payudara yang tidak memiliki gen reseptor estrogen, progesteron ataupun HER2. Melainkan diakibatkan oleh gen BRCA1.

Kanker Payudara Dikategorikan HER2 Positif, Ini Artinya
(up/up)
News Feed