Kamis, 19 Jul 2018 16:34 WIB

Ical Sebut SBY Sakit Infeksi Ginjal, Penyakit Apakah Itu?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ical sebut SBY sakit infeksi ginjal. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres Ical sebut SBY sakit infeksi ginjal. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres
Topik Hangat Lelah Kemudian Sakit
Jakarta - Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie (Ical) menyebut bahwa Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang sejak hari Selasa (17/7/2018) lalu di rawat di RSPAD Gatot Subroto mengalami infeksi ginjal.

"Alergi ginjal katanya. Infeksi ginjal. Karena kecapekan barangkali," kata Ical dikutip dari detikNews, Kamis (19/7/2018).

Dikutip dari Mayo Clinic, infeksi ginjal atau disebut pielonefritis adalah jenis dari infeksi saluran kemih (ISK) yang umumnya dimulai dari kandung kemih dan berjalan ke salah satu atau kedua ginjal.

Penyebab infeksi ginjal biasanya adalah bakteri atau virus. Mereka masuk ke saluran kemih dan dapat berkembang biak, kemudian berjalan ke ginjal yang menyebabkan suatu infeksi.


Saksikan juga video 'Penderita Gagal Ginjal Tak Boleh Minum Terlalu Banyak':

[Gambas:Video 20detik]



Bakteri yang biasa menginfeksi ginjal adalah Escherichia coli (E. coli), namun ada pula bakteri lain yang dapat menyebabkannya.

Dikutip dari WebMD, dalam beberapa kasus infeksi yang masuk melalui kulit juga bisa masuk ke dalam darah, lalu berjalan ke ginjal. Bisa juga terinfeksi setelah menjalani operasi ginjal, tetapi itu sangat jarang terjadi.

Ketika ginjal terinfeksi, maka ginjal tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik, seperti menyaring darah, membuang limbang, dan mengatur keseimbangan air dalam tubuh.

Ical Sebut SBY Sakit Infeksi Ginjal, Penyakit Apakah Itu?


(wdw/up)
Topik Hangat Lelah Kemudian Sakit
News Feed