Kamis, 19 Jul 2018 16:05 WIB

Eksis di Foto SBY Sakit, Alat Apa Sih Syringe Pump Itu?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Syringe pump berbeda dengan alat infus dan EKG. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres Syringe pump berbeda dengan alat infus dan EKG. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Setpres
Topik Hangat Lelah Kemudian Sakit
Jakarta - Sebuah alat bertuliskan 'U STROKE' jadi perbincangan karena ada di ruang perawatan Ketua Umum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ketika ditanyakan kepada dokter yang berpengalaman menangani stroke, ternyata alat itu adalah syringe pump. Alat apa itu?

"Alat ini namanya syringe pump. Biasa untuk memasukkan obat atau cairan yang bisa diatur dosisnya," ujarnya kepada detikHealth, Kamis (19/7/2018).

Alat syringe pump.Alat syringe pump. Foto: Thinkstock


Syringe pump fungsinya sama seperti infus yaitu untuk memasukkan cairan obat ke dalam tubuh pasien secara teratur. Bedanya, pada syringe pump bisa disesuaikan dosisnya dengan anjuran dokter. Volume dan waktunya pun bisa ditentukan.

Alat infus yang fungsinya sama dengan syringe pump.Alat infus yang fungsinya sama dengan syringe pump. Foto: Thinkstock



Dari jumlah cairan yang dimasukkan ke dalam tubuh, biasanya dengan menggunakan syringe pump jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan infus biasa.

Karena sama-sama sering diletakkan di samping tempat tidur pasien, secara kasat mata sering disamakan dengan alat EKG (elektrokardiogram), yaitu alat untuk merekam aktivitas kelistrikan jantung dalam waktu tertentu dan ditampilkan dalam suatu grafik yang disebut elektrokardiograf.

EKG (elektrokardiogram) juga sering diletakkan di samping tempat tidur pasien.EKG (elektrokardiogram) juga sering diletakkan di samping tempat tidur pasien. Foto: Thinkstock


Nah, tahu perbedaannya kan antara infus, syringe pump, dan EKG?

(wdw/up)
Topik Hangat Lelah Kemudian Sakit
News Feed