Kamis, 19 Jul 2018 17:27 WIB

Kata Dokter Soal Mata Bengkak Karena Keasyikan ML

Firdaus Anwar - detikHealth
AaDeden mengaku matanya bengkak karena sering begadang main Mobile Legends. (Foto: Facebook) AaDeden mengaku matanya bengkak karena sering begadang main Mobile Legends. (Foto: Facebook)
Jakarta - Di media sosial Facebook seorang pengguna bernama AaDeden Kusumah membagikan cerita bagaimana matanya bisa bengkak sembab. Menurutnya hal ini terjadi akibat radiasi ponsel yang sering ia pakai untuk bermain game Mobile Legends (ML) hingga larut malam.

"Ok ini saya jadi korban Radiasi Hp y jujur saya suka begadang&Hiburan Main MobaileLegend &dll nya saya tidak tahu bahwa efek nya on trs layar Hp dan main game akan separah ini," tulisnya pada Rabu (18/7).




AaDeden mengaku dirinya mengalami masalah mata yang terasa gatal, perih, panas, berat dipejamkan dan berair.

Hingga artikel dibuat pada Kamis (19/7/2018) unggahan AaDeden sudah dibagikan lebih dari 460 kali. Banyak warganet berkomentar mendoakannya supaya cepat sembuh dan dijadikan pelajaran agar tidak terlalu sering menggunakan ponsel.

Efek radiasi bukan seperti itu, dia enggak seketika langsung. Paling yang terjadi kelelahan matadr Elvioza, SpM(K) - dokter mata


Terkait hal tersebut benarkah radiasi dari ponsel bisa menimbulkan masalah seperti yang diceritakan AaDeden? Menurut spesialis mata dr Elvioza, SpM(K), dari Jakarta Eye Center (JEC) kemungkinannya kecil.

dr Elvioza mengatakan masalah penglihatan akibat radiasi biasanya terjadi dalam jangka panjang. Oleh karena itu apa yang digambarkan oleh AaDeden kemungkinan adalah kasus kelelahan mata yang sering disebut sebagai computer vision syndrome.

"Efek radiasi bukan seperti itu, dia enggak seketika langsung. Paling yang terjadi kelelahan mata. Memang kalau melihat komputer atau main ponsel frekuensi mengedip akan berkurang 25-30 persen jadi matanya agak kering," kata dr Elvioza ketika dihubungi detikHealth.

"Kalau sampai bengkak merah meradang itu enggak mungkin. Bisa ada penyebab lain," lanjutnya.

Kalau sudah terjadi computer vision syndrome solusi yang terbaik adalah beristirahat dengan melihat objek jauh atau memejamkan mata. Tujuannya agar otot-otot mata jadi lebih rileks.

(fds/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya