Jumat, 20 Jul 2018 15:04 WIB

Hipnotis Orang Hanya dengan Tepuk Pundak, Bisakah?

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Tepuk pundak disebut-sebut sebagai cara pelaku hipnotis memperdaya korban untuk diambil harta dan bendanya. Benarkah hipnotis bisa dengan tepuk pundak? Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi Tepuk pundak disebut-sebut sebagai cara pelaku hipnotis memperdaya korban untuk diambil harta dan bendanya. Benarkah hipnotis bisa dengan tepuk pundak? Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Jakarta - Tepuk pundak disebut-sebut sebagai cara pelaku hipnotis memperdaya korban. Dengan sekali tepuk, korban langsung terhipnotis dan bersedia menyerahkan harta bendanya.

Padahal menurut psikolog, hipnotis tidak bisa dilakukan semudah itu. Monica Sulistiawati dari Personal Growth menyebut untuk bisa dihipnotis, seseorang harus berada dalam keadaan fokus dan sugestif.


Fungsi tepuk pundak, dan dalam beberapa kasus tepuk tangan, dikatakan Monica adalah membuat orang yang ingin dihipnotis fokus kepada pelaku. Tepuk pundak dilakukan untuk menarik perhatian, sekaligus melemahkan kewaspadaan.

"Tepuk pundak atau tepuk tangan di wajah tujuannya adalah untuk menarik perhatian orang terkait agar kemudian lebih fokus dengan orang yang menepuknya, sama seperti ketika kita memanggil teman dari arah belakang," urai Monica saat berbincang dengan detikHealth baru-baru ini.

Monica mengatakan karena sifatnya yang hanya untuk menarik perhatian, maka tepuk pundak tidak bisa membuat seseorang langsung berada dalam pengaruh hipnotis.

Tonton juga 'Cowok Suka Dandan? Ini Kata Psikolog':

[Gambas:Video 20detik]


Bahkan Monica menambahkan, orang-orang yang waspada biasanya justru lebih sadar dengan lingkungan. Perhatian mereka pun sulit terfokus ke pelaku hipnotis jika hanya ditepuk pundaknya saja.

"Dengan kesadaran yang tinggi (balik lagi ke definisi hipnosis, yakni kondisi sugestif dan terfokus) seharusnya orang yang ditepuk tersebut dapat memilih untuk mengikuti keinginan orang lain atau tidak," ungkap Monica.

"Sehingga tidak benar jika hipnosis dapat dilakukan hanya dengan menepuk pundak atau tangan di depan wajah," tutupnya.


Hipnotis Orang Hanya dengan Tepuk Pundak, Bisakah?
(mrs/up)
News Feed