Jumat, 20 Jul 2018 19:18 WIB

Digunakan Psikolog, Ini Macam-Macam Pemanfaatan Positif Hipnotis

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Sebagai bagian dari ilmu psikologi, hipnotis digunakan untuk beberapa penanganan terapi/Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi Sebagai bagian dari ilmu psikologi, hipnotis digunakan untuk beberapa penanganan terapi/Foto: Ilustrasi oleh Zaki Alfarabi
Jakarta - Ilmu psikologi digunakan untuk mengetahui lebih dalam soal sifat dan perilaku manusia. Dalam ilmu psikologi, pemanfaat hipnotis bukan hal yang aneh.

Psikolog dari Personal Growth, Monica Sulistiawati, mengatakan ilmu psikologi memiliki banyak jenis pendekatan, salah satunya adalah psikoanalisis. Nah, hipnotis merupakan salah satu bagian dari pendekatan psikoanalisis.



Monica menyebut penggunaan hipnotis dalam ilmu psikologi cukup banyak. Hipnotis lazim digunakan untuk mengatasi beberapa masalah ketergantungan, seperti kecanduan merokok.

"Selain itu hipnotis juga digunakan untuk pasien dengan phobia tertentu, pasien yang mengalami kesulitan untuk mengampuni orang lain, kesulitan belajar, kurang motivasi kerja, dan lain-lain," ungkap Monica saat berbincang dengan detikHealth.

Namun Monica menyebut efek hipnoterapi pada pasien bisa berbeda-beda. Pasien phobia misalnya, bisa saja sama-sama memiliki phobia ketinggian, namun hasil sesi hipnoterapinya berbeda.



Hal ini menurut Monica, berhubungan dengan kepribadian klien. Pasien phobia yang sulit membayangkan atau memfokuskan diri kepada objek phobianya biasanya tak gampang dihipnotis.

"Mengapa? Karena ketika kita melakukan hipnoterapi sebenarnya kita meminta si klien untuk membayangkan, memikirkan, fokus pada objek-objek trauma atau lukanya," urai Monica.

"Nah, ada sebagian klien yang ternyata tidak siap untuk memikirkan objek ini. Akibatnya mungkin saja dapat menimbulkan luka baru," jelasnya.

Karena itu, hipnoterapi tak bisa diberikan kepada sembarang pasien. Psikolog harus memastikan pasien bisa dan sanggup menjalani hipnoterapi, dan pasien harus siap menanggung segala konsekuensi.

"Sehingga penggunaan hipnosis atau hipnoterapi ini menjadi perlu berhati-hati. Sebelum memutuskan teknik atau metode terapi perlu diawali dengan serangkaian pemeriksaan psikologis terlebih dahulu," tutupnya.


(mrs/up)
News Feed