Sabtu, 21 Jul 2018 14:10 WIB

Ini yang Perlu Diketahui Jika si Gadis Mens Pertama di Atas Usia 12 Tahun

Suherni Sulaeman - detikHealth
Anak perempuan yang mengalami menstruasi pertama pada usia 12 tahun ke atas ditengarai akan memperoleh manfaat kesehatan, salah satunya hidup lebih lama/Foto: ilustrasi/thinkstock Anak perempuan yang mengalami menstruasi pertama pada usia 12 tahun ke atas ditengarai akan memperoleh manfaat kesehatan, salah satunya hidup lebih lama/Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Menstruasi merupakan siklus normal yang terjadi pada anak perempuan saat memasuki masa pubertas. Diyakini bahwa usia rata-rata seorang gadis mendapatkan haid adalah di usia 12 tahun. Tapi, hal ini tidak menutup kemungkinan anak perempuan akan mengalami terlambat menstruasi pertama.

Kira-kira, apa ya yang terjadi ketika anak perempuan mengalami menstruasi setelah usia rata-rata itu? Pasalnya, seringkali anak perempuan merasa khawatir ketika menstruasi belum juga datang sementara teman-teman seusianya sudah haid. Pasti mereka berpikir ada sesuatu yang salah dengan tubuhnya.

Sebaiknya jangan panik dulu, sebab, anak perempuan yang mengalami menstruasi pertama pada usia 12 tahun ke atas ditengarai akan memperoleh manfaat kesehatan tertentu. Ya, hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of California San Diego School of Medicine.



Seperti dikutip dari Times of India, penelitian ini melibatkan 16.000 wanita, yang berada di atas usia 21. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mendapat menstruasi pada usia 12 atau lebih tua dari usia tersebut cenderung hidup lebih lama.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa para wanita ini memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit, seperti diabetes dan penyakit jantung koroner.



Meski demikian, sebuah penelitian lain yang diterbitkan pada tahun 2014 menyebutkan bahwa kelainan pada menstruasi pertama juga dapat meningkatkan kemungkinan penyakit jantung. Jadi, anak perempuan yang mengalami menarche dini ataupun menarche terlambat pun berisiko penyakit jantung.

Di samping itu, statistik juga menunjukkan bahwa wanita yang mengalami menstruasi sebelum 12 tahun memiliki risiko 20 persen lebih tinggi terkena kanker payudara. Maka itu, menurut para peneliti, jika anak perempuan mengalami menarche sebelum usia 12 tahun, maka patut memeriksakan diri, khususnya pada bagian payudara.

Ini karena paparan mereka yang lebih tinggi terhadap hormon. Semakin banyak hormon estrogen yang dialami seorang wanita dalam hidupnya, terutama pada menstruasi pertamanya, semakin tinggi pula risiko tubuhnya terkena kanker payudara karena sensitivitas hormonal.

Jadi, kapan pun menarche atau mensturasi pertama, diimbau untuk memeriksakan diri secara berkala.


Bagi kamu yang kerap mengalami siklus haid yang tidak teratur, bisa simak video berikut di bawah ini:

[Gambas:Video 20detik]

(hrn/wdw)
News Feed