Senin, 23 Jul 2018 09:25 WIB

Dirawat karena Infeksi, Pipis Berubah Jadi Ungu

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Urine pasien berubah menjadi ungu (Foto: BMJ Case Reports) Urine pasien berubah menjadi ungu (Foto: BMJ Case Reports)
Jakarta - Pipis atau urine yang sehat normalnya berwarna jernih. Kalaupun berwarna, biasanya agak kekuningan karena kurang terhidrasi. Seorang pasien di India mengalami warna urine yang yang tidak biasa, yakni ungu.

Pasien berusia 70 tahun ini dirawat karena prostatic hyperplasia dan harus menggunakan kateter untuk buang air kecil. Ia telah mengenakan kateter selama 6 bulan yang diganti tiap 3 pekan.

Perubahan warna urine menjadi ungu teramati ketika urine pasien ditampung dalam kantong urine. Dokter mendiagnosis pasien mengalami of purple urinary bag syndrome (PUBS).

Hasil pemeriksaan miktroskopis menunjukkan urine pasien mengandung banyak leukosit (sel darah putih) dan memiliki pH atau kadar keasaman 8. Kultur urine juga mengandung Escherichia coli yang artinya pasien mengalami infeksi saluran kemih.



Pasien menjalani penggantian kateter dan mendapat pengobatan dengan antibiotik. Dua pekan kemudian, pasien pulih seperti semula. Kasus tersebut dipublikasikan di BMJ Case Reports.

Dalam laporan ilmiahnya, dokter menjelaskan bahwa PUBS biasanya merupakan efek samping kateterisasi pasien dengan infeksi saluran kemih. Warna ungu kemungkinan terjadi karena metabolit triptofan dipecah oleh bakteri.

(up/up)
News Feed