ADVERTISEMENT

Selasa, 24 Jul 2018 15:38 WIB

'Tidak Untuk Anak di Bawah 5 Tahun' kok Tulisannya Kecil? Ini Kata BPOM

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sempat ramai di media sosial jajanan dengan tulisan 'tidak dianjurkan untuk anak di bawah lima tahun' yang dicetak terbilang kecil. Foto: detikHealth/Annissa Widya Davita
Jakarta - Sempat viral di media sosial mengenai jajanan yang memiliki tulisan kecil dilabelnya bertuliskan 'tidak dianjurkan untuk anak di bawah lima tahun', padahal jika diamati, jajanan yang ditampilkan pada beberapa postingan yang diunggah netizen merupakan jajanan yang akrab dengan anak-anak. Seperti apa tanggapan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)?

Ditemui detikHealth, Selasa (24/7/2018), di kawasan Jakarta Pusat, Tetty Sihombing, Direktur Pengawasan Pangan Risiko Tinggi dan Teknologi Baru BPOM
membenarkan bahwa memang ada regulasi mengenai tulisan apakah makanan tertentu diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh anak di bawah lima tahun.

"Kalau ada (label tulisannya) memang bagus, karena kalau mengandung sugar harusnya memang. Kalau pemanis memang (ada labelnya) apakah dianjurkan atau tidak. Harusnya label itu ada aturan ukurannya kan, enggak bisa terlalu kecil juga," jelas Tetty.


Namun, untuk seberapa besar ukuran tulisan yang ada untuk imbauan, beliau menekankan ini bergantung dari seberapa besar kemasan yang digunakan pada panganan yang ada.

"Tergantung dari ukurannya, kalau kemasannya kecil permen gitu, itu kan ga bisa seabrek-abrek. Jadi ada standarnya, relatif dari ukuran kemasan. Harus ada standarnya, standarnya itu bukan ukurannya tapi proposional," tutupnya.

(ask/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT