Rabu, 25 Jul 2018 13:43 WIB

Naloxone, Obat yang Menyelamatkan Demi Lovato dari Overdosis

Christantio Utama - detikHealth
Demi Lovato selamat dari overdosis dengan obat penangkal yang diberikan para dokter (Foto: Frazer Harrison/Getty Images) Demi Lovato selamat dari overdosis dengan obat penangkal yang diberikan para dokter (Foto: Frazer Harrison/Getty Images)
Jakarta - Demi Lovato, aktris sekaligus penyanyi asal Amerika Serikat terpaksa harus dibawa ke rumah sakit akibat mengalami overdosis. Demi ditemukan tidak sadarkan diri di rumahnya di Los Angeles, ketika sedang menggunakan obat-obatan terlarang.

Dikutip dari People, pertolongan pertama yang dilakukan oleh tim medis adalah memberikan obat bernama Naloxone, atau dikenal dengan merek dagang Narcan, untuk mengembalikan kondisi tubuhnya ke kondisi normal. Naloxone sendiri adalah obat darurat yang digunakan untuk mengurangi dampak dari overdosis akibat penggunaan narkotika.



Cara penggunaannya sendiri dengan menyemprotkan Naloxone ke salah satu hidung korban yang mengalami overdosis. Obat ini mengembalikan sistem pernapasan ke kondisi normal akibat penggunaan jenis narkoba seperti heroin dalam kurun waktu sekitar 30 sampai 90 menit.

"Narcan seperti sebuah EpiPen (cairan pemicu adrenalin), ini memberikan korban rangkaian energi yang luar biasa dalam waktu singkat," ucap seorang ahli medis pertolongan pertama.

"Selain itu penggunaan Narcan juga bisa membuat detak jantung yang berdetak cepat menjadi melambat dan kembali ke keadaan normal," tutupnya.

Walaupun bisa mengobati dalam waktu singkat, Naloxone ternyata tidak bisa menjadi solusi untuk pecandu narkoba selamat dari kematian.



Tonton juga video: 'Pesan Sang Mantan untuk Demi Lovato Saat Overdosis'

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed