Senin, 30 Jul 2018 16:45 WIB

Ini Dia 3 Cara Hilangkan Kebiasaan 'Keretek-keretekin' Jari Tangan

Annissa Widya Davita - detikHealth
Berikut 3 cara yang dapat hilangkan kebiasaan Knuckle Cracking. Foto: thinkstock
Jakarta - Hayo, kalian sadar enggak sih kegiatan Knuckle Cracking itu tidak berguna? Ya, sugesti bahwa meregangkan jari jemari dapat mengurangi rasa pegal pada tanga kamu. Namun, ini adalah pemahaman yang salah.

Bunyi 'kretek' yang dihasilkan pada kegiatan Knuckle Cracking adalah, pecahnya gas nitrogen dan karbondioksida yang disebabkan oleh dorongan persendian. Gas ini tepatnya berada pada buku-buku jari, atau bahasa sederhananya pada rongga tulang yang satu dengan yang lainnya.

Faktor psikologis juga dapat memengaruhi seseorang secara tidak sadar meregangkan jari jemari mereka. Pada saat gugup pula, tidak sedikit orang yang memainkan jarinya dan meregangkan jarinya hingga mengeluarkan bunyi 'kretek'.

Knuckle Cracking atau meregangkan jari ini sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan. Menurut dokter ortopedi dr Oryza Satria, Sp. OT, kebiasaan ini aman-aman saja, namun jika dilakukan terlalu bersemangat juga menimbulkan bahaya lho!

"Tapi jangan terlalu bersemangat juga, karena dapat mengakibatkan ligamen nya luka. Bisa luka kecil ataupun besar," ujar dr Oryza berdasarkan kutipan artikel sebelumnya.

Dilansir Desert Hand and Physical Therapy ada tiga cara untuk mengurangi kebiasaan Knuckle Cracking, yuk simak!



Tahan keinginan!

Langkah pertama, perhatikan kapan saja waktu kamu saat meregangkan jari jemari hingga berbunyi 'kretek'. Pada saat itu kamu dapat mencari tahu mengapa kamu sulit untuk menahan knuckle cracking, padahal ada cara lain untuk mengusir rasa pegal-pegal pada jari kamu.


Pastikan tangan melakukan aktivitas

Tidak sibuk meregangkan jari! Alihkan tangan kamu dengan stretching kecil, seperti meggoyang-goyangkan jari ataupun istirahat sejenak agar otot kembali lemas. Atau kamu dapat menggunakan hand cream untuk memberi kesan rileks pada jari jemarimu.


Atasi rasa gugup dan lelah

Jari jemari yang lelah dan perasaan gugup dapat memicu Knuckle Cracking. Coba pahami diri apakah kamu meregangkan jari jemari pada saat lelah, bosan atau gugup? Identifikasi diri kamu untuk mengetahui kapan saja kamu melakukan knuckle cracking, agar kamu lebih sadar akan kebiasaan buruk yang membuatmu ke depannya lebih mudah berhenti.
(fds/fds)