Kamis, 02 Agu 2018 16:30 WIB

Young Lex Dinilai Melecehkan Lisa Blackpink, Psikolog: Protes Boleh Asal...

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Protes tetap harus menggunakan kata-kata yang bijak. Foto: Instagram Young Lex Protes tetap harus menggunakan kata-kata yang bijak. Foto: Instagram Young Lex
Jakarta - Kontroversi Young Lex dan Lisa Blackpink masih bergulir. Young Lex dinilai telah melakukan pelecehan kepada Lisa Blackpink sehingga membuat fans geram dan melontarkan kecaman. Alhasil, pemilik nama asli Samuel Alexander Pieter ini pun batal diundang ke acara yang menghadirkan Lisa.

Gisella Tani Pratiwi, MPsi, Psikolog Anak dan Remaja, menuturkan ketika melihat kejadian pelecehan seksual, maka kita patut melakukan sesuatu m. Namun ini juga harus memperhatikan sejumlah hal. Apa tuh?

"Boleh banget memprotes tapi cara dan pemilihan kata tetap harus bijak. Memang enggak gampang hehe. Karena kalau mereka enggak protes, si pelaku pelecehan juga mungkin enggak akan dapat konsekuensi apapun. Padahal pelecehan jelas merupakan hal yang patut kita cegah bersama" jelas Gisella.


Gisella menekankan untuk mengungkap pendapat secara tepat dengan bahasa yang jelas, padat dan tepat sasaran. Kemudian cari saluran pemberian pendapat yang bisa membawa dampak perubahan yang positif. Jangan pula merasa ragu menyuarakan pendapatmu, asal memang mengandung tujuan kebaikan.

"Hindari mengkonsumsi materi dan informasi bermuatan diskriminatif SARA, kekerasan dalam berbagai bentuk, termasuk pelecehan seksual, pornografi serta muatan lain yg merendahkan atau membuatmu merasa tidak nyaman. Masih banyak konten materi lain yg lebih baik dikonsumsi," sarannya.

(ask/fds)
News Feed