Jumat, 03 Agu 2018 15:05 WIB

Bila Penyakit Usus Buntu Tidak Ditangani, Waspada Usus Bisa Pecah

Noviani Widyaningrum - detikHealth
Usus buntu terjadi ketika ada sumbatan akibat infeksi. (Foto: thinkstock) Usus buntu terjadi ketika ada sumbatan akibat infeksi. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Belakangan kabar kurang baik datang dari artis jebolan ajang pencarian bakat Fay Nabila. Ia dikabarnya harus kembali ke kota asalnya Surabaya untuk melakukan perawatan lanjut setelah menjalani operasi usus buntu.

Terkait hal tersebut tahukah kamu jika usus buntu tidak segera dilakukan penindakan bisa berakibat fatal. Usus buntu terjadi ketika ada infeksi pada saluran cerna yang berujung pada sumbatan rentan pecah.



"Usus bisa pecah karena meradang ya, digambarkan jika usus infeksi seperti bisul yang ada nanahnya. Tidak ditangani dengan cepat, yang tadinya infeksi lokal jadi menyebar keseluruh rongga perut. Jadi usus pecah itu terjadi jika usus buntu tidak segera ditangani .

"Infeksi yang tadinya seujung jari bisa jadi menyeluruh. Jika usus itu pecah dan tidak segera ditangani fatalnya akan menyebabkan kematian," jelas dr Irsan Hasan, SpPD-KGEH.

Selanjutnya menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, usus pecah ini juga bisa terjadi saat mengangkat barang berat. Kalau sudah terlanjur pecah maka harus segera dilakukan operasi cuci perut.

Seram bukan jika penyakit ini bersarang pada tubuh kita, ayo kenali dan deteksi usus buntu sedini mungkin agar mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

(fds/fds)