Sabtu, 04 Agu 2018 20:30 WIB

Sinus Preauricular, Kondisi yang Bikin Telinga Anak Anji Merah dan Bengkak

Suherni Sulaeman - detikHealth
Anak dari musisi Anji, Saga Omar Nagata mengalami infeksi pada telinganya atau disebut sinus preauricular/Foto: Instagram @sagaomarnagata Anak dari musisi Anji, Saga Omar Nagata mengalami infeksi pada telinganya atau disebut sinus preauricular/Foto: Instagram @sagaomarnagata
Jakarta - Anak dari musisi Anji, Saga Omar Nagata terpaksa harus menahan sakit lantaran telinga kirinya mengalami infeksi. Lewat foto yang ia unggah di akun Instagram pribadinya @sagaomarnagata, telinga Saga tampak berwarna merah dan juga bengkak.

Kedua telinga Saga rupanya terdapat lubang kecil yang sudah ada sejak lahir, atau disebut dengan sinus preauricular. Pada keterangan postingan tersebut, kondisi ini merupakan kondisi langka di mana hanya ada 5 persen manusia saja yang memilikinya.

"KUPINGKU INFEKSI. Sebagian orang punya lubang kecil di telinga, atau disebut SINUS PREAURICULAR. Sampai saat ini masih belum bisa dijelaskan kenapa ada lubang kecil itu pada diri manusia. Di dunia, hanya 5% manusia yang memiliki lubang kecil bawaan lahir ini. Di telingaku, ada dua-duanya. Om dan Tante bisa cek di Google tentang hal ini," tulis Saga.



Menurut penuturannya, kondisi yang menyebabkan ia sampai tak masuk sekolah itu akibat kotoran yang masuk ke lubang tersebut. Saga mengaku, hal ini sudah terjadi dua kali. Yang pertama, tepatnya dua tahun lalu infeksi itu terjadi pada telinga kanannya.

Terkait soal kondisi yang dialami Saga, detikHealth meminta komentar kepada dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan, yakni dr Linda Herliana dari RS Permata Depok. Ia menyebut bahwa sinus preauricular merupakan bawaan lahir yang mana terbentuk lubang kecil akibat penyimpangan perkembangan telinga sewaktu dalam kandungan.

Sinus Preauricular, Kondisi yang Bikin Telinga Anak Anji Merah dan BengkakAkibat infeksi tersebut, telinga Saga tampak berwarna merah dan juga bengkak/Foto: Instagram @sagaomarnagata


"Ooo...itu namanya sinus preauricular, dia mirip-mirip lesung pipi di wajah gitu. Sebenarnya kasus itu jarang sih, sifatnya bawaan dari lahir (kongenital) alias turun temurun," terang dr Linda saat dihubungi detikHealth.

"Jadi, sinus preauricular itu bisa muncul salah satunya karena ada bagian-bagian dari pendengaran yang tidak normal atau tidak sempurna menyatunya saat masih dalam kandungan," sambung dr Linda.

Dikatakan dr Linda, biasanya muncul rasa gatal. Hal ini dikarenakan lubang itu menjadi media bakteri jamur dan lain-lain yang berasal dari air atau keringat. Nah ketika gatal, biasanya orang tersebut akan berusaha mengutak-atik lubang itu, yang akhirnya malah jadi infeksi.

"Yang terpenting sebenarnya tidak diutak atik lubang itu seperti dimassage atau dikorek-korek, karena memang rata-rata mengeluh gatal. Tapi kalau pun lubang itu jadi infeksi juga pertolongan utama rata-rata cukup dengan antibiotika saja," tegas dr Linda.



[Gambas:Instagram]

(hrn/frp)
News Feed