Rabu, 08 Agu 2018 11:09 WIB

Awkarin Banjir Protes Usai Endorse Obat Injeksi Pembesar Payudara

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Awkarin banjir protes karena endorse obat pembesar payudara dan mengencangkan vagina. Foto: Instagram/awkarin
Jakarta - Selebgram tanah air atau yang biasa disebut Awkarin dikenal sejak awal kemunculannya yang fenomenal. Kali ini ia kembali menggemparkan warganet dengan mengendorse obat injeksi untuk kecantikan.

Dalam unggahan instagram stories tersebut, Awkarin menyebut salah satu akun online shop yang menjual alat kesehatan dan menulis: "Injeksi pembesar payudara dan pengencang vagina 100% aman."

Sebuah akun twitter bernama @sucasn mengatakan bahwa unggahan Awkarin tersebut seharusnya tidak dilakukan oleh seorang selebgram yang memiliki banyak pengikut. Karena obat-obatan dan injeksi yang diiklankan olehnya bukan obat-obatan yang diakui jelas kandungan atau manfaatnya.

"Selebgram satu ini bener bener yaaa . Masa endorse gini amaat !!!!! Gak jualan obat plus jarum suntiknya segala kaliiiik. Bantu report dong gaes . Ini bahaya lho," cuitnya.

Banyak warganet yang juga muncul untuk mengomentari unggahan Awkarin tersebut.
Salah satunya juga dikomentari oleh seorang dokter bernama Falla Adinda. Dalam akunnya @falla_adinda ia mengatakan obat tersebut memiliki kandungan estradiol, yakni obat yang digunakan sebagai hormon replacement therapy atau tetapi penggantian hormon.

"Wey.. :/ ngeri banget. Jangan dibeli ya. Bahaya. 1) ga jelas isinya apa 2) nyuntik itu ada caranya, ga bisa asal tusuk," komentar dokter tersebut.

dr Falla Adinda ikut berkomentar mengenai endorse-an Awkarin.dr Falla Adinda ikut berkomentar mengenai endorse-an Awkarin. Foto: Twitter


Ada juga yang membantu menjelaskan efek samping dari obat-obatan tersebut, seperti komentar dari akun @helmihelmii: "Buat yang ga paham apa sih bahayanya: Risiko infeksi mulai dari infeksi ditempat penyuntikan, pembuluh darah sampai infeksi di jantung/endokarditis. Masih lagi ada risiko emboli dan syok anafilaksis yang merupakan sebuah kegawatdaruratan. Cmiiw."

Walau banyak juga yang mengomentari bahwa seharusnya obat seperti itu tidak diperjualbelikan secara bebas, namun harus memakai resep dan yang berwenang hanya dokter, ada juga yang membela sang selebgram fenomenal tersebut.

"Yaelah iri ae lu yang kagak di endors wkwk. Pasti sebelumnya udh dijelasin lah sama si penjual. Tinggal gausah beli kok ya," cuit akun @najwasalsa29.


Saksikan video 20Detik soal Awkarin promo alat pembesar payudara di sini:

[Gambas:Video 20detik]

"Bukan masalah postan ig trus klarifikasi di twitter nih ya.. tapi ini buat kalian2 yg mau payudaranya besar biar gak beli obat yg diendorse sama mbaknya.. kan itu bahaya jga buat kaliannnddd!!! ngerti gak lu pada? Ribettt bgt siihhhh," akun @NanaMekar_ menimpali.

Setelah postingannya menjadi heboh dan viral, Awkarin yang memiliki 3,5 juta pengikut di akun Instagramnya menghapus IG stories tersebut.



Saksikan juga video 'Eksis di Medsos Seperti Awkarin, Apa Untung dan Ruginya?':

[Gambas:Video 20detik]


Awkarin Banjir Protes Usai Endorse Obat Injeksi Pembesar Payudara
(frp/up)