Senin, 13 Agu 2018 15:49 WIB

Toko Kosmetik Ini Diketahui Menjual Kosmetik Ilegal

Christantio Utama - detikHealth
Kosmetik ilegal (Foto: Michelle De Jonker/detikcom)
Jakarta - Di Indonesia terdapat banyak barang yang dijual secara ilegal, salah satunya adalah kosmetik. Ternyata tidak cuma di Indonesia tapi di London juga terdapat toko yang tertangkap basah menjual barang-barang kosmetik yang ilegal.

Dikutip dari BBC, dalam investigasinya terdapat sebuah toko yang berada di tengah pusat perbelanjaan kosmetik menjual pemutih kulit yang diketahui ilegal. Sebuah toko bernama Shaba Hair and Cosmetics stores menjual pemutih kulit yang mengandung bahan berbahaya Hydroquinone.



Produk yang mengandung Hydroquinone berpotensi menimbulkan berbagai macam penyakit hati dan saraf jika meresap ke dalam tubuh. Peta persebaran produk ilegal ini mencangkup daerah seperti di India dan negara Afrika dekat gurun Sahara.

Barang tersebut bernama 'Caro Light' yang berharga sekitar 150 ribu rupiah dalam satu toples dan tertulis mengandung bahan hydroquinone. Produk yang dibuat di negara Kongo tersebut mengandung Hydroquinone sebanyak 4,6 persen. Lebih banyak 2 kali lipat dari takaran yang diperbolehkan guna keperluan medis.

Toko tersebut didenda sebanyak 11.792 poundsterling atau sekitar 150 juta rupiah karena hal tersebut, selanjutnya pemilik dari toko tersebut terpaksa harus berurusan dengan pihak berwenang.

(Christantio Utama/up)