Kamis, 16 Agu 2018 13:01 WIB

Demi Pekerjaan Jadi Alasan Wanita Rela Suntik Botox di Wajah

Muhamad Reza Sulaiman - detikHealth
Suntik botox di wajah untuk mempercantik penampilan sah-sah saja. Kaum wanita melakukannya demi memperlancar karir dan promosi di pekerjaan. Foto: Thinkstock Suntik botox di wajah untuk mempercantik penampilan sah-sah saja. Kaum wanita melakukannya demi memperlancar karir dan promosi di pekerjaan. Foto: Thinkstock
Jakarta - Meningkatnya jumlah pasien suntik botox di wajah memiliki alasan unik. Tak sekadar mempercantik diri, suntik botox juga dipercaya berdampak baik bagi pekerjaan.

Hal ini merupakan hasil survei Northwestern University kepada 511 orang yang pernah melakukan suntik botox. Dalam survei tersebut, 54,8 persen partisipan mengaku melakukan suntik botox untuk membuat penampilan lebih menarik sehingga kenaikan gaji dan promosi terjadi lebih cepat.



"Alasan pasien melakukan operasi bedah plastik kini tak hanya mempertimbangkan aspek kesehatan dan estetik, namun juga faktor sosial, ekonomi, hingga kualitas hidup secara profesional," ujar Murad Alam, MD, peneliti dari Northwestern University, dikutip dari Daily Mail.

Murad menyebut secara umum, ada 4 alasan mengapa seseorang melakukan operasi plastik. Pertama adalah kosmetik, dalam artian ingin membuat diri sendiri terlihat lebih cantik.

Kedua, kepuasan emosional. Hal ini biasanya berhubungan dengan bagian tubuh atau kondisi bawaan lahir yang membuat pasien merasa tidak percaya diri dan malu.

Ketiga, karena alasan kesehatan. Operasi plastik untuk menyembunyikan bekas luka, kelainan bawaan lahir, hingga rekonstruksi payudara tergabung dalam alasan ini.

Terakhir dan paling banyak, adalah kesejahteraan sosial. Operasi plastik ini berhubungan dengan kebutuhan pekerjaan hingga tuntutan sosial dari lingkungan pasien yang mengharuskannya tampil lebih baik.





Tonton juga 'Deretan Artis Korea yang Cantik Alami Tanpa Operasi':

[Gambas:Video 20detik]

(mrs/fds)