Jumat, 17 Agu 2018 09:06 WIB

Tips Sehat Supaya Menang Panjat Pinang Pas Lomba 17-an

Widiya Wiyanti - detikHealth
Tips sehat agar menang lomba panjat pinang. Foto: Grandyos Zafna Tips sehat agar menang lomba panjat pinang. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Setiap tanggal 17 Agustus pasti kita memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. Tahun ini, kemerdekaan Indonesia sudah memasuki usia 73 tahun. Setiap tahunnya, selain upacara kita punya tradisi untuk memperingatinya dengan mengadakan lomba.

Salah satu lomba yang dinanti-nanti adalah panjat pinang. Siapa yang pernah ikut? Lomba panjat pinang sudah pasti menggunakan pohon pinang yang tinggi dan biasanya dilumasi dengan oli. Hadiah-hadiah yang diperebutkan digantungkan di puncak pohon pinang tersebut.

Karena untuk mengambilnya butuh usaha yang sangat berat dengan memanjat dan menaiki pundak orang lain dengan bekerja sama, dokter spesialis kedokteran olahraga dr Michael Triangto, SpKO memberi tips agar bisa menang dengan kemungkinan kecil terjadi cedera.

"Yang ikut (lomba panjat pinang) harus punya komponen kebugaran, sering olahraga, sering jalan kaki," ujarnya saat dihubungi detikHealth, Kamis (16/8/2018).



"Orang yang paling bawah harus kuat dan terlatih, karena kan dia akan mendapatkan tekanan beberapa kali dari tekanan berat badannya. Itu berpotensi menimbulkan tekanan pada tulang belakang," lanjut dr Michael.

Bukan hanya harus berpostur tubuh besar, namun orang yang paling bawah harus dipastikan tidak memiliki masalah kesehatan, misalnya sakit pinggang. Karena dengan adanya masalah kesehatan akan berpotensi besar untuk terjadi gangguan kesehatan seperti saraf kejepit atau istilah medisnya adalah hernia nukleus pulposus (HNP).

dr Michael juga menambahkan, untuk menang lomba panjat pinang dibutuhkan orang yang memiliki kelenturan otot tubuh yang baik, karena harus memanjat ke atas.

"Keterampilan memanjat juga harus baik. Kalau tidak baik akan membuat gerakan menjadi kaku dan tidak terampil. Itu mengurangi chance untuk menang. Balance atau keseimbangan juga perlu," tambahnya.

Yang terpenting adalah peregangan, sebelum dan sesudah lomba panjat pinang, seluruh peserta harus melakukan peregangan guna terhindar dari cedera.

(wdw/up)
News Feed