Senin, 27 Agu 2018 13:30 WIB

Batuk-Batuk? Ahli Sarankan Coba Pakai Madu Lebih Dulu

Firdaus Anwar - detikHealth
Madu dipercaya bisa meredakan batuk (Foto: iStock) Madu dipercaya bisa meredakan batuk (Foto: iStock)
Jakarta - Kalau kamu terserang penyakit batuk, sebelum mengonsumsi obat antibiotik lebih baik coba madu terlebih dahulu untuk meredakannya. Hal tersebut disarankan oleh para ahli di Dinas Kesehatan Inggris untuk mengurangi ketergantungan terhadap obat antibiotik.

Seperti diketahui pemakaian obat antibiotik yang sembarangan jadi penyebab kuman-kuman penyakit kini semakin kebal. Padahal sebagian besar kasus batuk sebetulnya dapat reda sendiri dalam beberapa hari sehingga tidak perlu obat-obatan.



Madu disarankan untuk batuk karena memiliki sifat antimikroba alami dan bisa melapisi tenggorokan. Hal ini akan memicu mekanisme menelan dan mengurangi rasa gatal. Air hangat dicampur madu dengan lemon atau jahe bisa jadi obat rumahan yang efektif untuk batuk.

Selain itu obat batuk yang dijual bebas dengan kandungan pelargonium, guaifenesin atau dextromethorphan juga disarankan.

Nah kalau sudah beberapa hari batuk tidak juga reda, segera berkonsultasi dengan dokter karena bisa jadi batuk itu gejala penyakit lain yang lebih serius.

"Bila batuk malah semakin parah, atau badan makin terasa sakit dan kesulitan bernapas, disarankan temui dokter," kata Dr Susan Hopkins dari Public Health England (PHE) seperti dikutip dari BBC, Senin (27/8/2018).



Saksikan juga video 'Tips Membuat Obat Batuk Tradisional dengan Bahan Rumahan':

[Gambas:Video 20detik]

Batuk-Batuk? Ahli Sarankan Coba Pakai Madu Lebih Dulu
(fds/up)
News Feed