Senin, 27 Agu 2018 17:10 WIB

Saran Psikolog Agar Tak Terpancing Hasutan Negatif di Medsos

Annissa Widya Davita - detikHealth
Berbagai meme penuh kebencian mudah sekali ditemukan di media sosial (Foto: thinkstock) Berbagai meme penuh kebencian mudah sekali ditemukan di media sosial (Foto: thinkstock)
Jakarta - Maraknya gambar meme penuh hasutan dan ujaran kebencian semakin tidak terhindarkan. Beredar luas di media sosial sehingga banyak yang tanpa sengaja terpapar oleh energi negatif yang dibawanya.

Self control alias pengendalian diri merupakan kunci utama dalam penyampaian berpendapat baik di lingkungan sosial maupun di dunia maya. Demikian disampaikan oleh Bona Sardo, Psikolog RS Mitra Keluarga Depok, kepada detikHealth, Senin (27/8/2018).



"Pengendalian diri sendiri itu perlu, yang penting harus dimiliki adalah adanya kemampuan mencerna atau menerima pesan yang diterima," tutur Bona saat dihubungi melalui telepon.

Dengan adanya pemikiran yang terbuka, seseorang bisa mengetahui makna pesan yang disampaikan. Penyampaian komunikasi akan berjalan baik dan dapat menciptakan pemikiran yang sehat.

"Kalau sudah mencerna pesan, kita dapat mengkomunikasikan kembali degan baik dan benar, tentu menciptakan pemikiran yang sehat. Kalau sudah emosi atau kesal, pasti bawaannya negatif saja penyampaiannya," imbuhnya.

Bona menekankan agar masyarakat lebih terbuka dalam berpikir dan tidak mengandalkan perspektif agama maupun suku. Menurutnya, kemampuan mencerna pesan merupakan salah satu bentuk mengurangi ujaran kebencian.



Saksikan juga video 'Apa Ciri-ciri Pertemanan Sehat?':

[Gambas:Video 20detik]

Saran Psikolog Agar Tak Terpancing Hasutan Negatif di Medsos
(up/up)
News Feed