Selasa, 28 Agu 2018 14:49 WIB

Kesehatan Jiwa

Duh Jojo, Kenapa Buka Baju Melulu?

Annissa Widya Davita - detikHealth
Aksi buka baju Jonatan Christie selalu memancing reaksi histeris (Foto: Agung Pambudhy/detikSport) Aksi buka baju Jonatan Christie selalu memancing reaksi histeris (Foto: Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta - Jonatan Christie mampu mengharumkan nama bangsa lewat kemenangannya di cabang bulu tangkis Asian Games 2018. Jojo, sapaan akrabnya, merayakan kemenangannya tersebut dengan selebrasi khas yakni buka baju. Aksi ini bikin histeris penonton, khususnya kaum hawa.

Kira-kira, apa ya alasan Jojo sering membuka baju saat pertandingan berakhir? Menurut psikolog klinis dari Personal Growth, Veronica Adesla, aksi ini bisa jadi merupakan refleks semata.

"Seperti saat ambil sesi mereka pasti ganti baju. Karena memang basah, ya mereka berganti baju, itu sih refleks saja," ujar Veronica, dihubungi detikHealth, Selasa (28/8/2018).


Selebrasi buka baju juga dilakukan Jonatan Christie di pertandingan semifinal.Selebrasi buka baju juga dilakukan Jonatan Christie di pertandingan semifinal. Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Puspa Perwitasari


Selain karena refleks dan karena bajunya memang basah, bisa juga aksi buka baju tersebut dilakukan Jojo sebagai simbol penyelesaian. Ini tampak dari ekspresi happy yang terpancar dari wajahnya.

"Dan memang dia sudah menang refleks membuka baju menunjukkan bahwa ini endingnya," jelas Veronica.

Badan Jojo memang kekar dan atletis, wajar jika banyak yang suka melihatnya buka baju. Tapi hati-hati ya, jangan berpikir dan berkomentar yang tidak-tidak agar tidak menjurus ke pelecehan. Oke?



Saksikan juga video 'Selebrasi Buka Baju Jonatan Christie Bikin Penonton Histeris':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)