Sabtu, 01 Sep 2018 09:50 WIB

Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Minum Air Kelapa Usai Olahraga

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Masih dalam suasana kemeriahan Asian Games 2018, membuat banyak orang makin tergerak untuk berolahraga secara rutin. Faktanya, olahraga memang mampu memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubuh.

Namun, perhatikan juga asupan sehari-hari agar tubuh tetap sehat di samping melakukan olahraga rutin. Salah satu asupan yang baik dikonsumsi adalah air kelapa. Bahkan beberapa ahli menyarankan air kelapa dikonsumsi usai berolahraga.



Hal itu diamini oleh Medical Manager PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi. Ia mengatakan rekomendasi air kelapa sebagai minuman rehidrasi berdasarkan badan pangan dunia.

"Air kelapa merupakan minuman yang sangat tepat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang saat olahraga. Hal ini sesuai dengan pernyataan dari badan pangan dunia (FAO) pada September 2000 lalu yang merekomendasikan air kelapa sebagai minuman rehidrasi alami," ujar dr Helmin kepada detikHealth, Sabtu (1/9/2018).

Ia menjelaskan alasan air kelapa baik diminum usai olahraga. Menurutnya kandungan nutrisi dari air kelapa terdiri dari vitamin C dan beberapa jenis vitamin B seperti niacin, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan thiamin. Di samping itu juga mengandung mineral seperti besi, copper, phosphor, sulfur dan chlorine.



Selain mengandung air, air kelapa juga mengandung vitamin B3, B5, B6, vitamin C, elektrolit (magnesium, kalium, kalsium, natrium) dan asam amino untuk membantu kontraksi otot dan membantu pembentukan energi. Kandungan karbohidrat dan gula pada air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi saat berolahraga.

Selain itu ada pula benefit lain dari air kelapa yaitu kandungan kaliumnya yang membantu merelaksasikan otot-otot setelah berolahraga agar tidak mudah cedera. Bahkan menurut dr Helmin, air kelapa dalam dunia medis digunakan menjadi cairan infus untuk mengatasi dehidrasi dan tambahan nutrisi bagi bayi diare dan prajurit yang terluka saat perang dunia.

"Air kelapa sudah dikenal sejak dahulu kala. Selain sebagai pelepas dahaga, air kelapa sudah digunakan oleh nenek moyang kita untuk berbagai pengobatan dan masalah kesehatan seperti penetral racun, cacingan, diare, gatal-gatal pada kulit, demam dan lain-lain untuk usia anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan dalam medis digunakan menjadi cairan infus untuk mengatasi dehidrasi dan tambahan nutrisi bagi bayi diare dan prajurit yang terluka saat perang dunia," ujarnya.

Beragam manfaat alami dari air kelapa kini bisa dinikmati dalam kemasan seperti Hydro Coco yang mengandung air kelapa murni. (mul/mpr)
News Feed